Langsung ke konten utama

Menulis Buku dalam Seminggu, Mungkinkah?


"Menulis adalah cara kita menyampaikan buah pikiran lewat tulisan"

Begitu bagi seorang prof eko indrajit. Beliau adalah seorang pakar teknologi yang berbakat. Tak hanya sebagai pakar dan narasumber berbagai seminar, ia juga seorang akademisi sekaligus penulis puluhan judul buku dan ratusan jurnal ilmiah yang telah dipublikasikan tingkat nasional maupun internasional.

Saat ini beliau juga ditunjuk oleh pemerintah Republik Indonesia untuk menakhodai institusi pengawas internet Indonesia ID-SIRTII (Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure) dan menjadi anggota aktif dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Dewan Riset Nasional (DRN), dan Dewan Pendidikan Tinggi (DPT).

Menurut beliau, semua tulisan adalah baik, karena dilakukan dari hati. Setiap orang pasti mempunyai banyak hal yang ingin diceritakan kepada orang lain. Tulis saja apa yang ada di kepala kita. Tidak perlu khawatir akan kualitas menulis karena kualitas menulis adalah masalah jam terbang. Semakin sering kita berlatih maka akan semakin bagus tulisan kita. Satu-satunya hal yang perlu diperhatikan adalah, buatlah tulisan yang tidak membuat orang lain sedih karena jika kita menyampaikan hal-hal yang buruk atau jelek maka akan  mendatangkan energi negatif bahkan dapat mengganggu kehidupan di masa datang.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa menulis buku dalam seminggu sangatlah mungkin. Caranya harus mendisrupsi diri sendiri. Sebagai awalan, buatlah tulisan pada topik yang menarik perhatian anda dan yang anda SUKA dan KUASAI. Kemudian buat deadline satu minggu untuk menjawab 6 pertanyaan sederhana mengenai topik yang dibahas, yaitu: 5W1H. Misalnya tulisan dengan judul DIGITAL MINDSET. maka anda menjawab pertanyaan (dalam bentuk tulisan) sebagai berikut.
chapter 1: APA yang dimaksud dengan digital mindset.
chapter 2. MENGAPA digital mindset dibutuhkan
chapter 3. SIAPA yang harus berubah mindsetnya
chapter 4. DIMANA digital mindset harus diterapkan
chapter 5. KAPAN digital mindset diterapkan. dan
chapter 6. BAGAIMANA cara menerapkannya.

Setiap hari tulislah sebanyak satu chapter. Berarti hari keenam sudah jadi sebanyak 6 chapter sesuai dengan rancangan isi tadi. Di hari ketujuh, tulisan mulai di edit sesuai dengan EYD yang berlaku, mungkin ditambahkan beberapa referensi untuk isinya serta menambahkan pelengkap buku seperti daftar isi, kata pengantar, dan sebagainya. Tidak lama jadilah sebuah draft buku yang berisi 6 chapter lengkap dengan pelengkap bagian buku. Selanjutnya, segera serahkanlah draft buku tersebut ke penerbit untuk melalui proses editing di penerbit.

Beliau mengatakan bahwa  kunci menulis buku dalam seminggu adalah pada manajemen waktu ketika menulis. Jika kita menyenangi yang kita lakukan, pasti kita dapat mengalokasikan waktu khusus untuk menulis. Biasakan sebelum tidur untuk membuat 3-5 halaman tulisan. Lakukan itu setiap hari, maka dalam seminggu setidaknya kita sudah mendapatkan sekitar 30-35 halaman tulisan. Setiap isu hangat apapun yang kita kuasai, buatlah tulisan itu dengan mendeskripsikan nya berdasarkan pada konsep 5W1H. Semakin sering kita membuat tulisan,akan makin terasa mudah dan lancar.

Musuh menulis yang sebenarnya adalah diri kita sendiri. Motivasi hanya dapat dibangun dari dalam diri sendiri. Maka sebelum menulis, luruskanlah niat kita, fokus dan disiplin dengan jadwal yang kita buat. Supaya fokus, jangan menulis terlampau lama (kecuali anda membuat penelitian atau tulisan dokumenter). Paling lambat 100 hari sudah harus jadi. Karena jika terlau lama, maka kita akan kehilangan fokus, dan ilmu yang akan kita sharing sudah berkembang dan berganti lagi isunya.

Tips mencari tema yang orisinil tetapi menarik untuk dibaca yaitu dengan memilih satu judul yang sedang trend dibahas. Bahaslah dari sisi yang tidak pernah terlihat orang lain. Misalnya masalah COVID-19, belum pernah terlihat orang yang melihat COVID-19 dari sisi peluang, semua bicara masalah ancaman, kesedihan, ketakutan, dan lainnya. Utarakan peluang yang dapat diambil selama pandemi ini dalam bentuk tulisan. Niscaya tulisan itu akan ramai dikunjungi dan diburu banyak orang.

Buku yang baik adalah buku yang dapat memberikan kepuasan pembaca. Karena pembaca yang puas, akan merefer ke orang lain. akibatnya buku habis dibeli. dan dicetak lagi. Intinya setiap buku harus punya target audiens yang ingin diraih. Selagi mereka merasa mendapatkan sesuatu, berarti buku tersebut baik adanya. Maka mulailah mendisrupsi diri sendiri dan hasilkanlah karya dalam waktu seminggu.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SECARIK PESAN OM JAY, MENULISLAH !!!

Menulis adalah seni merangkai kata menjadi sebuah kalimat, bagaimana membuat kalimat yang cantik sehingga dapat dilirik pembaca, dan bagaimana tulisan yang dihasilkan berhasil menggugah emosi pembaca. Tidak mudah memang.Menghasilkan suatu karya seni tulisan yang indah butuh banyak pengalaman dan jam terbang yang tinggi. Tetapi ini bukan hal yang tidak mungkin. Jika ada keinginan belajar, maka segalanya akan menjadi mungkin. Dari belajar menulis yang paling sederhana, cerita pribadi kita yang bisa kita tulis sebagai curahan hati, cerita apapun itu, entah itu penting atau tidak, tetap lah ditulis. Belajar dari banyak membaca karya orang lain. Ini penting untuk memperkaya diksi kita, mengenal gaya-gaya tulisan berbagai macam penulis, dan bisa juga sebagai latihan untuk memancing emosi kita. Selanjutnya belajar dari yang benar-benar pakar nya menulis. Ini harus ada penghubung yang bisa memfasilitasi kita untuk belajar dari para pakar menulis yang handal. Om Jay, founder komunitas sejuta

KIAT MEMBUKUKAN LAPORAN PTK

Karya ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil dari penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan (Wikipedia). Terdapat berbagai macam karya ilmiah, diantaranya hasil seminar atau workshop, laporan penelitian, makalah, artikel atau jurnal penelitian dan lainnya. Skripsi, tesis, dan disertasi pun tergolong jenis karya ilmiah. Apapun tipe penelitian yang dilakukan, baik penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian dan pengembangan (R&D), penelitian kualitatif ataupun penelitian eksperimen, jika dibuat dalam bentuk laporan penelitian maka disebut karya ilmiah. Salah satu jenis laporan penelitian yang sering dibuat oleh pengajar  adalah laporan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK adalah suatu penelitian yang dilakukan dalam rangka untuk memperbaiki pembelajaran di dalam kelas.  Penelitian ini biasanya dilakukan oleh pengajar yang in

MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DARI RUMAH

Wabah Covid 19 yang belum tau kapan meredanya, membuat banyak pihak bertanya-tanya, kapan kondisi akan kembali normal seperti biasa? Tak terkecuali bagi dunia pendidikan. Selama pandemi Covid 19 menyerang, kegiatan di bidang pendidikan seakan lumpuh. Banyak kebijakan yang akhirnya membuat sektor ini mengambil langkah yang dilematis. Di satu sisi, melaksanakan anjuran dari pemerintah yang mengharuskan adanya social dan physical distancing guna menekan penyebaran virus Covid 19. Tapi di sisi lain, pembelajaran harus tetap terlaksana. Hak siswa untuk mendapatkan pengajaran harus tetap diterima. Akhirnya jalan tengahpun dilakukan. Pembelajaran jarak jauh dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan ini. Namun pertanyaannya, bagaimana membuat pembelajaran yang efektif selama PJJ? Keputusan pelaksanan PJJ yang serba mendadak, membuat para pelaku pendidikan sangat tidak siap. Tidak hanya guru dan siswa, orang tua, kepala sekolah hingga pengambil kebijakan pendidikan lainnyapun mau tidak mau haru