Langsung ke konten utama

SECARIK PESAN OM JAY, MENULISLAH !!!

Menulis adalah seni merangkai kata menjadi sebuah kalimat, bagaimana membuat kalimat yang cantik sehingga dapat dilirik pembaca, dan bagaimana tulisan yang dihasilkan berhasil menggugah emosi pembaca. Tidak mudah memang.Menghasilkan suatu karya seni tulisan yang indah butuh banyak pengalaman dan jam terbang yang tinggi. Tetapi ini bukan hal yang tidak mungkin. Jika ada keinginan belajar, maka segalanya akan menjadi mungkin. Dari belajar menulis yang paling sederhana, cerita pribadi kita yang bisa kita tulis sebagai curahan hati, cerita apapun itu, entah itu penting atau tidak, tetap lah ditulis. Belajar dari banyak membaca karya orang lain. Ini penting untuk memperkaya diksi kita, mengenal gaya-gaya tulisan berbagai macam penulis, dan bisa juga sebagai latihan untuk memancing emosi kita. Selanjutnya belajar dari yang benar-benar pakar nya menulis. Ini harus ada penghubung yang bisa memfasilitasi kita untuk belajar dari para pakar menulis yang handal.

Om Jay, founder komunitas sejuta guru ngeblog (KSGN) memfasilitasi kami, para penulis pemula untuk mendapatkan ilmu dari para penulis handal. Beliau sendiripun merupakan seorang blogger, youtuber dan penulis ternama. Sudah banyak prestasi yang beliau torehkan di dunia penulisan. Dari beliau, kami mendapat banyak ilmu baru tentang menulis. Dari beliau pula kami dapat mengenal bahkan berkomunikasi secara pribadi dengan para penulis buku best seller.

Oleh om Jay, kami difasilitasi untuk bergabung di grup belajar menulis melalui grup WA. Kelas online ini tidak dipungut biaya sedikitpun. Meskipun begitu, materi yang disampaikan oleh narasumber bukan sekedar materi receh, tetapi sangat berbobot dan bermanfaat. Semua materi berhubungan dengan bagaimana cara menulis. Dimulai dari menulis sederhana yaitu momen pribadi, menulis di blog, menulis di media cetak, menulis karya ilmiah hingga bisa publikasi tingkat nasional, bahkan hingga bisa menerbitkan buku sendiripun dibahas dengan tuntas di kelas online ini. Kami juga diberikan tips bagaimana jika menghadapi ide yang mandeg pada saat menulis. Karena memang ketika menulis, tak selancar seperti yang di bayangkan. terkadang kita akan menghadapi situasi mandeg, tidak muncul ide sama sekali dan tidak bisa menghasilkan kata-kata seperti biasanya. Semua ada tips nya untuk bisa memunculkan ide-ide itu kembali.

Yang terpenting dalam menulis adalah niat. Kuatkan dan luruskan niat anda, niatkanlah bahwa kegiatan menulis ini adalah sarana kita untuk berbagi ilmu dan bermanfaat untuk semua. Buatlah tulisan dari hati karena sesuatu yang dari hati, akan sampai ke hati pembaca juga. Setelah niat kita kuat, fokus untuk mencapai tujuan. Apa tujuan kita? mendapat hasil tulisan yang bermakna dan bermanfaat. Kita biasakan untuk berbagi ilmu dan pengalaman Kita melalui tulisan. Karena sebaik-baik manusia adalah yang mau belajar dan mengajarkan nya. Selain itu, fokus dalam jadwal. Setiap membuat tulisan, biasakan untuk menentukan target kapan tulisan itu selesai dan tepatilah target yang kita buat. Ini akan melatih kita untuk selalu disiplin dalam menulis.

Selanjutnya, tulislah. Apa yang kita tulis? apapun itu. Buatlah tulisan yang kita sukai dan kita kuasai. Kita bisa menceritakan pengalaman pribadi kita, hasil pelatihan kita, hasil resume bacaan kita, keluh kesah kita, uneg-uneg kita, apapun bisa kita tulis. Karena semakin sering kita menulis, maka tulisan kita akan mengalir dengan mudahnya. Ini juga akan melatih kita untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitas.

Dalam menulis, buatlah tulisan sebebas-bebasnya. Abaikan segala aturan penulisan yang ada. Tulislah dengan mengikuti apa yang kita pikirkan. Setelah selesai semua, barulah lakukan editing sedikit demi sedikit pada hasil tulisan tadi sesuai dengan Ejaan yang berlaku. Karena jika kita fokus membuat tulisan yang sempurna dari awal, tulisan kita tidak akan pernah selesai, bahkan bisa berhenti di tengah penulisan. Ingat selalu jurus T O J T R P dari pak Akbar Zainudin ketika ingin menghasilkan tulisan.

Mandeg ide mungkin kita alami ketika menulis. Ingat trik dari Pak Budiman Hakim, pancing ide dari benda-benda yang ada di sekitar kita kemudian gabungkan benda-benda tadi menjadi kalimat yang utuh. Niscaya ide yang tadi hilang seketika akan muncul kembali. Jika sudah lengkap tulisan kita, setorkanlah hasil karya kita ke blog, media online, media cetak  ataupun penerbit. Fungsinya agar tulisan kita dapat dinikmati oleh banyak orang.

Jadi intinya dalam menulis adalah, paksakan diri kita untuk menulis. Lalu bagikan tulisan kita lewat media apapun, bisa blog atau media sosial lain. Kemudian lihat, seberapa banyak pembaca yang mengunjungi tulisan kita, mintalah saran kepadanya. Positif atau negatifnya saran itu akan menjadi faktor kemajuan kita. Jika saran itu positif, maka kita akan terpicu untuk menulis dan menulis lagi. Begitupun juga jika saran itu negatif, maka itu akan menjadi koreksi bagi tulisan kita. Ingatlah sekali kita menulis, maka itu akan menjadi candu. Candu kita untuk terus dan terus menghasilkan sebuah karya tulisan yang lebih bagus lagi.

Komentar

  1. Alhamdulillah terima ksih semoga banyak yg membaca tulosan inspiratif ini.

    BalasHapus
  2. Tulisan yg ringan, sederhana namun menarik utk dibaca.

    BalasHapus
  3. Tulisanya Mudah dimengerti... keren.

    BalasHapus
  4. Selamat ..bagus sekali moga kami dapat menulis seperti bapak. Sangat ispiratif buat kami pribadi dan teman teman.Trimaksih salam dari Gunungkidil Yogyakarta🙏

    BalasHapus
  5. Bagus isi dan tulisannya.Ingin bisa menulis panjang seperti ini.

    BalasHapus
  6. Alhamdulilah.. Terimakasih ibu....kereen..😊👍

    BalasHapus
  7. Masya allah tabarakallah, semoga menjadi penyemangat buat saya pribadi khusunya, dan juga buat teman teman dalam menulis, terima kasih

    BalasHapus
  8. mantul...gaya tulusan sederhana..tp sangat inspiratif bagi para penulis pemula spt saya....selamat menulis ...lanjutkan!

    yuk kunjung balik

    muhammadtaufiq1969.blogspot.com

    BalasHapus
  9. Mathoooh dan Keren sangat menginspirasi

    BalasHapus
  10. Megilan ,(bhs Lamongan= luar biasa)
    tulisannya, sederhana mengalir seperti air.
    Betul itu apa adanya.Mtr swn Om Jay pahala mengalir

    BalasHapus
  11. Super sekali, menjadi penggugah buat diriku

    BalasHapus
  12. Keren tulisannya

    https://unih789.blogspot.com

    BalasHapus
  13. Ngaliiirr enak dan bergizi nmenambahkan energi untuk terus memompa semangat tidak mengeluh dan percaya diri belajar menulis lagi....

    BalasHapus
  14. Pencerahan yang luar biasa. Yuk action dan mampir fi http://srisugiastutipln.com

    BalasHapus
  15. Mantul .... Hhe semoga kita semua makin rajin menulis, ngeblog dan menghasilkan karya berupa buku.

    BalasHapus
  16. Tulisannya lancar,enak dibaca..

    BalasHapus
  17. Inspiratif...

    Silakan blog walking di www.cecepgaos.com

    BalasHapus
  18. Sangat bermamfaat, sebagai review materi kuliah online bersama Omjay, sangat bagus...

    BalasHapus
  19. Sangat bagus bu. Inspiratif sekali

    BalasHapus
  20. Kalau kata Omjay mantil eh mantul...🙏
    Bagus tulisannya

    https://unih789.blogspot.com

    BalasHapus
  21. Luar biasa... Semangat menulis..
    Seperti pesannya omjay

    Kunjungi www.b-uus.com

    BalasHapus
  22. Izin bu untk bahan referensi ya..bagus2

    BalasHapus
  23. Mantap luar biasa, sudah bisa memahi inti sari menulis, semoga akan jadi penulis yg handal

    BalasHapus
  24. mohon izin untuk dijadikan pedoman ya terimakasih

    BalasHapus
  25. Mengagumkan...!

    Benar, mari ikuti pesan OmJay! MENULISLAH...!

    BalasHapus
  26. Mengalir seperti air. Begitu mudah dipahami. Tulisan sangat padat dan berbobot. Semua materi dikemas dengan cantik.. Makin semangat lihat tulisan bu nora

    BalasHapus
  27. Ijin saya baca baca ...buat memperkaya diri he he

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPS MEMBUKUKAN HASIL RESUME PELATIHAN

Jika dulu kita mendengar kata webinar atau kulwap, pasti sangat asing di telinga kita. Karena tidak dapat dibayangkan, apa bisa pelatihan/workshop/seminar yang dilakukan secara online baik dari YouTube atau WA? Namun, di tengah pandemi seperti sekarang, dimana kerumunan sangatlah dilarang dan masyarakat masih haus akan keilmuan, pelatihan secara online adalah solusi dari permasalahan ini. Saat ini penyelenggaraan webinar sedang digandrungi oleh banyak pihak. Baik yang pelaksanaannya dilakukan oleh instansi maupun pribadi. Semua berlomba-lomba untuk menawarkan acara webinar dengan seabrek manfaat yang didapat. Entah itu yang pelaksanaannya gratis, maupun yang berbayar. Prospek webinar di masa pandemi ini sedang begitu gemilang.  Banyaknya acara webinar yang diselenggarakan, juga memberikan suatu permasalahan. Apakah kita mengikuti webinar tersebut hanya untuk mengejar sertifikat yang ditawarkan atau benar-benar ingin memperoleh ilmu baru. Sebenarnya dua tujuan ini diperbolehkan selama k

KIAT MEMBUKUKAN LAPORAN PTK

Karya ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil dari penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan (Wikipedia). Terdapat berbagai macam karya ilmiah, diantaranya hasil seminar atau workshop, laporan penelitian, makalah, artikel atau jurnal penelitian dan lainnya. Skripsi, tesis, dan disertasi pun tergolong jenis karya ilmiah. Apapun tipe penelitian yang dilakukan, baik penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian dan pengembangan (R&D), penelitian kualitatif ataupun penelitian eksperimen, jika dibuat dalam bentuk laporan penelitian maka disebut karya ilmiah. Salah satu jenis laporan penelitian yang sering dibuat oleh pengajar  adalah laporan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK adalah suatu penelitian yang dilakukan dalam rangka untuk memperbaiki pembelajaran di dalam kelas.  Penelitian ini biasanya dilakukan oleh pengajar yang in