Langsung ke konten utama

KEAJAIBAN MENULIS PART 1

Ramadhan hari pertama kujalani penuh dengan banyak kegiatan. Sedari pukul 02.30, aku bangun untuk menyiapkan makan sahur perdana, dan dilanjut dengan makan sahur bareng suami dan qiyamullail. Subuh pun datang, kegiatan pagi aku akhiri dengan sholat subuh di rumah.

Niat hati ingin istirahat sebentar setelah sehat subuh, tapi apa daya, dua balita sudah terbangun semua dari tidur lelapnya. Akhirnya kuurungkan niat itu. Kembali diriku berjibaku dengan segala urusan rumah tangga yang belum tersentuh. Hingga siang hari, belum sempat aku merebahkan diri hanya untuk istirahat sejenak. Ditambah siang itu aku harus mengajar via online. Materi kusiapkan, dan pelajaran dimulai. Hampir 1,5 jam lamanya kegiatan mengajar online kulakukan.

Tak terasa, sore tiba, sehabis sholat ashar, aku mulai menyiapkan menu berbuka dan makan sore anak-anak. Semua selesai 15 menit sebelum adzan Maghrib berkumandang. Setelah berbuka, baru aku bisa bersantai, melepaskan lelahku seharian.

Kubuka handphone yang seharian itu hampir tidak tersentuh sama sekali. terlihat ada banyak chat yang masuk, baik chat group atau chat pribadi. Mulai kubuka dari chat group sekolah. Aku terkaget membaca chat dari grup sekolah. Banyak yang memberikan ucapan selamat kepadaku. Padahal hari itu bukan ulang tahun ku atau hari spesialnya lainnya.

Rasa penasaran pun datang, mulai ku scroll chat tersebut ke atas, mencari tahu apa dibalik ucapan selamat kepadaku ini. TIdak lama kutemukan jawabnya. Usut punya usut, ternyata ada seorang guru yang merupakan pengurus PGRI daerahku, membagikan tulisanku yang dimuat di website suara guru PB PGRI. Ternyata inilah yang membuat aku dibanjiri ucapan selamat. Beliau mengatakan ini merupakan prestasi awal dari guru muda sepertiku. Rasa bangga kurasakan saat itu. seketika rasa lelah langsung hilang seketika tertutup dengan rasa bahagia dan bangga. Ternyata sebuah uneg-uneg yang aku sampaikan melalui suara guru, mendapatkan apresiasi sendiri dari guru-guru senior di sekolah. Bahkan bapak kepala sekolah juga memberikan apresiasi khusus untukku. Tidak pernah terbayangkan, dari sebuah tulisan, bisa memberikan suatu kebanggaan tersendiri. Teringat apa yang selalu om Jay katakan, Menulislah setiap hari dan buktikan keajaiban yang terjadi.Dan inilah keajaiban yang aku peroleh, buah hasil dari menulis.

Semarang
1 Ramadhan 1441 H

Komentar

  1. Keren betul. Pesan om Jay menulislah setiap hati buktikan apa yg terjadi

    BalasHapus
  2. Mantap, menulis itu ternyata keren dan bikin beken.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Mr Bams,,tambah keren lagi kalau bisa mendongeng seperti Mr 😊

      Hapus
  3. Balasan
    1. Terima kasih Bu,,semangat berkarya Bu 😊

      Hapus
  4. Salut bs mluangkn waktu dlm kgiatan brjibakunya seorang ibu dg 2 balitanya msh smpt untuk mnulis

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SECARIK PESAN OM JAY, MENULISLAH !!!

Menulis adalah seni merangkai kata menjadi sebuah kalimat, bagaimana membuat kalimat yang cantik sehingga dapat dilirik pembaca, dan bagaimana tulisan yang dihasilkan berhasil menggugah emosi pembaca. Tidak mudah memang.Menghasilkan suatu karya seni tulisan yang indah butuh banyak pengalaman dan jam terbang yang tinggi. Tetapi ini bukan hal yang tidak mungkin. Jika ada keinginan belajar, maka segalanya akan menjadi mungkin. Dari belajar menulis yang paling sederhana, cerita pribadi kita yang bisa kita tulis sebagai curahan hati, cerita apapun itu, entah itu penting atau tidak, tetap lah ditulis. Belajar dari banyak membaca karya orang lain. Ini penting untuk memperkaya diksi kita, mengenal gaya-gaya tulisan berbagai macam penulis, dan bisa juga sebagai latihan untuk memancing emosi kita. Selanjutnya belajar dari yang benar-benar pakar nya menulis. Ini harus ada penghubung yang bisa memfasilitasi kita untuk belajar dari para pakar menulis yang handal. Om Jay, founder komunitas sejuta

KIAT MEMBUKUKAN LAPORAN PTK

Karya ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil dari penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan (Wikipedia). Terdapat berbagai macam karya ilmiah, diantaranya hasil seminar atau workshop, laporan penelitian, makalah, artikel atau jurnal penelitian dan lainnya. Skripsi, tesis, dan disertasi pun tergolong jenis karya ilmiah. Apapun tipe penelitian yang dilakukan, baik penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian dan pengembangan (R&D), penelitian kualitatif ataupun penelitian eksperimen, jika dibuat dalam bentuk laporan penelitian maka disebut karya ilmiah. Salah satu jenis laporan penelitian yang sering dibuat oleh pengajar  adalah laporan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK adalah suatu penelitian yang dilakukan dalam rangka untuk memperbaiki pembelajaran di dalam kelas.  Penelitian ini biasanya dilakukan oleh pengajar yang in

MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DARI RUMAH

Wabah Covid 19 yang belum tau kapan meredanya, membuat banyak pihak bertanya-tanya, kapan kondisi akan kembali normal seperti biasa? Tak terkecuali bagi dunia pendidikan. Selama pandemi Covid 19 menyerang, kegiatan di bidang pendidikan seakan lumpuh. Banyak kebijakan yang akhirnya membuat sektor ini mengambil langkah yang dilematis. Di satu sisi, melaksanakan anjuran dari pemerintah yang mengharuskan adanya social dan physical distancing guna menekan penyebaran virus Covid 19. Tapi di sisi lain, pembelajaran harus tetap terlaksana. Hak siswa untuk mendapatkan pengajaran harus tetap diterima. Akhirnya jalan tengahpun dilakukan. Pembelajaran jarak jauh dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan ini. Namun pertanyaannya, bagaimana membuat pembelajaran yang efektif selama PJJ? Keputusan pelaksanan PJJ yang serba mendadak, membuat para pelaku pendidikan sangat tidak siap. Tidak hanya guru dan siswa, orang tua, kepala sekolah hingga pengambil kebijakan pendidikan lainnyapun mau tidak mau haru