Langsung ke konten utama

PEMBELAJARAN DARING YANG IDEAL

Sebelum kita mencari tahu bagaimana pembelajaran daring yang ideal, alangkah baiknya jika kita mengetahui dulu apa itu pembelajaran daring dan apa saja manfaat dari pembelajaran daring. Pembelajaran daring atau pembelajaran dalam jaringan adalah proses pembelajaran yang dilakukan tanpa adanya tatap muka secara langsung antara satu orang dengan orang yang lain di suatu tempat tertentu. Dengan kata lain, pembelajaran ini dilakukan dengan memanfaatkan internet sebagai medianya.

Banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan pembelajaran daring, mulai dari aplikasi untuk video conference, chat group online, video online, serta pemberian tugas dan evaluasi secara online. Tidak hanya digunakan sebagai media pembelajaran, aplikasi daring ini juga dapat digunakan pada berbagai acara, misalnya seminar, rapat, pelatihan, ataupun sekedar ngobrol santai dengan beberapa teman pun dapat dilakukan dengan aplikasi ini. Sekarang ini, pertemuan apapun dapat dilakukan dengan mudah, fleksibel, kapanpun dan di manapun.

Banyak manfaat yang dapat diambil dari pembelajaran daring ini. Kita dapat secara bebas bertemu dan belajar tanpa terbatas ruang dan waktu. Siswa dan guru yang dulu harus melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah, sekarang dapat dengan bebas melakukannya di rumah. Seminar, pelatihan, atau rapat yang dulunya harus kita hadiri di suatu tempat, sekarang dapat ikuti secara online dimana pun sesuka hati kita. Dan yang terpenting kita mengikuti acara tersebut dengan tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun seperti saat kita menghadiri seminar atau pelatihan secara manual. Memang ada beberapa event online yang masih berbayar, tetapi tidak semahal seperti saat kita mengikuti event non online. Dan yang terpenting, dengan penggunaan aplikasi daring ini di berbagai bidang kegiatan, akan berimbas pada menurunnya tingkat kemacetan. Orang tidak akan lagi bersusah payah untuk pergi keluar menghadiri acara tertentu. Cukup dengan dilakukan di rumah, sembari bercengkrama dengan anggota keluarga, acara yang diinginkan tetap dapat diikuti. Biaya transportasi dapat diirit dan waktu yang dimiliki juga lebih berkualitas karena dapat melakukan berbagai macam kegiatan di satu waktu.

Pembelajaran daring memang tidak mengharuskan guru dan siswa untuk bertatap muka langsung di sekolah. Namun, esensi kegiatan pada saat daring haruslah sama ketika kita melakukan proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Penyampaian materi, diskusi interaktif, pemberian evaluasi atau kegiatan pembelajaran lainnya tetap harus dilakukan ketika pembelajaran daring. Jadi guru tidak melulu memberikan tugas bagi para siswanya ketika masa daring ini.

Fasilitas video conference memberikan kemudahan bagi siswa dan guru untuk melakukan diskusi interaktif secara online. Banyak aplikasi yang ditawarkan untuk memfasilitasi guru dan siswa melakukan komunikasi visual secara online. Sebagai contoh aplikasi zoom meeting untuk video conference. Di tengah pro kontra aplikasi zoom, aplikasi ini masih diminati oleh banyak orang untuk melakukan video conference.

Dilansir dari idcloudhost.com, Zoom adalah Sebuah layanan konferensi video berbasiskan cloud computing. Aplikasi ini mengizinkan kita untuk bertemu dengan orang lain secara virtual, entah itu dengan panggilan video, suara, atau keduanya. Menariknya, semua percakapan via Zoom bisa direkam untuk dilihat lagi nantinya. Kita dapat bergabung dengan rapat- rapat atau pertemuan apapun yang mengundang kita melalui webcam atau smartphone secara online. Akan ada suatu link atau tautan yang dibagikan oleh host (pembuat meeting) agar kita dapat bergabung pada pertemuan yang diadakan. Jika kita ingin bergabung di meeting tersebut, kita tinggal mengklik link yang dibagikan, maka secara otomatis kita akan join di meeting tersebut. Sebelumnya pastikan dulu aplikasi zoom sudah terinstall di smartphone kita, sebelum melakukan video conference dengan zoom.

Jika kita menginginkan diri kita sebagai host (pembuat meeting), ada beberapa langkah yang harus dilakukan, antara lain :
1. daftarkan akun zoom anda dengan mengklik sign up, gunakan Google account untuk mempermudah sign up. Isi isian yang diinginkan untuk membuat akun zoom.
2. setelah kita mempunyai akun zoom, klik sign in untuk masuk ke aplikasi zoom. Gunakan akun google yang kita daftarkan saat sign up tadi. Maka kita sudah tergabung di aplikasi zoom
3. Setelah masuk di zoom, buat schedule meeting terlebih dahulu. Isikan judul meeting kita, tanggal dan waktu meeting tersebut dilakukan. Jika kita menggunakan aplikasi zoom, waktu meetinf hanya dibatasi maksimal 40 menit.
4. setelah semua isian dilengkapi, klik done, maka kita akan tertuju ke link yang dapat kita salin. Salin link tersebut dan bagikan ke peserta meeting yang dituju melalui grup chat online atau media lain
5. kita tinggal menunggu peserta bergabung ke meeting kita sesuai dengan waktu dan tanggal yang telah ditetapkan.
untuk lebih lengkapnya dapat dilihat pada video di link berikut ini

https://youtu.be/KR2-hrxjTz4

Cara ini dapat kita gunakan apabila kita ingin berkomunikasi langsung dengan siswa selama masa daring ini. Materi tetap bisa tersampaikan bahkan diskusi online pun tetap dapat dilakukan meskipun tidak harus bertatap muka langsung.

Meskipun banyak manfaat yang dapat dirasakan dari pembelajaran daring ini, model pembelajaran ini juga mempunyai kelemahan. Bagi siswa yang tidak mempunyai HP, atau punya HP tetapi tidak ada kuota internet yang digunakan, ataupun ada HP plus kuota internet terisi tetapi sinyal internet tidak mendukung, akan menghambat kelancaran model daring ini. Pada akhirnya, sebagus apapun suatu model pembelajaran, tetaplah ada kelebihan dan kelemahannya tersendiri, dan semua itu harus disesuaikan dengan karakteristik dari siswa sebagai peserta pembelajaran.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SECARIK PESAN OM JAY, MENULISLAH !!!

Menulis adalah seni merangkai kata menjadi sebuah kalimat, bagaimana membuat kalimat yang cantik sehingga dapat dilirik pembaca, dan bagaimana tulisan yang dihasilkan berhasil menggugah emosi pembaca. Tidak mudah memang.Menghasilkan suatu karya seni tulisan yang indah butuh banyak pengalaman dan jam terbang yang tinggi. Tetapi ini bukan hal yang tidak mungkin. Jika ada keinginan belajar, maka segalanya akan menjadi mungkin. Dari belajar menulis yang paling sederhana, cerita pribadi kita yang bisa kita tulis sebagai curahan hati, cerita apapun itu, entah itu penting atau tidak, tetap lah ditulis. Belajar dari banyak membaca karya orang lain. Ini penting untuk memperkaya diksi kita, mengenal gaya-gaya tulisan berbagai macam penulis, dan bisa juga sebagai latihan untuk memancing emosi kita. Selanjutnya belajar dari yang benar-benar pakar nya menulis. Ini harus ada penghubung yang bisa memfasilitasi kita untuk belajar dari para pakar menulis yang handal. Om Jay, founder komunitas sejuta

KIAT MEMBUKUKAN LAPORAN PTK

Karya ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil dari penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan (Wikipedia). Terdapat berbagai macam karya ilmiah, diantaranya hasil seminar atau workshop, laporan penelitian, makalah, artikel atau jurnal penelitian dan lainnya. Skripsi, tesis, dan disertasi pun tergolong jenis karya ilmiah. Apapun tipe penelitian yang dilakukan, baik penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian dan pengembangan (R&D), penelitian kualitatif ataupun penelitian eksperimen, jika dibuat dalam bentuk laporan penelitian maka disebut karya ilmiah. Salah satu jenis laporan penelitian yang sering dibuat oleh pengajar  adalah laporan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK adalah suatu penelitian yang dilakukan dalam rangka untuk memperbaiki pembelajaran di dalam kelas.  Penelitian ini biasanya dilakukan oleh pengajar yang in

MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DARI RUMAH

Wabah Covid 19 yang belum tau kapan meredanya, membuat banyak pihak bertanya-tanya, kapan kondisi akan kembali normal seperti biasa? Tak terkecuali bagi dunia pendidikan. Selama pandemi Covid 19 menyerang, kegiatan di bidang pendidikan seakan lumpuh. Banyak kebijakan yang akhirnya membuat sektor ini mengambil langkah yang dilematis. Di satu sisi, melaksanakan anjuran dari pemerintah yang mengharuskan adanya social dan physical distancing guna menekan penyebaran virus Covid 19. Tapi di sisi lain, pembelajaran harus tetap terlaksana. Hak siswa untuk mendapatkan pengajaran harus tetap diterima. Akhirnya jalan tengahpun dilakukan. Pembelajaran jarak jauh dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan ini. Namun pertanyaannya, bagaimana membuat pembelajaran yang efektif selama PJJ? Keputusan pelaksanan PJJ yang serba mendadak, membuat para pelaku pendidikan sangat tidak siap. Tidak hanya guru dan siswa, orang tua, kepala sekolah hingga pengambil kebijakan pendidikan lainnyapun mau tidak mau haru