Langsung ke konten utama

5 APLIKASI BARU UNTUK MENGAJAR SECARA ONLINE



Semakin merebaknya wabah Covid 19 ke berbagai daerah di Indonesia, membuat pemerintah mengeluarkan keputusan untuk mulai membatasi kegiatan yang melibatkan banyak orang. Mulai dari melakukan pekerjaan dari rumah, ibadah di rumah, bahkan belajar pun dilakukan dari rumah. Kegiatan pembelajaran di sekolah pun terkena dampak dari keputusan tersebut. Siswa mulai diminta untuk belajar di rumah. Guru pun diminta untuk tetap memfasilitasi kegiatan belajar mengajar meskipun tidak dapat bertatap muka langsung dengan siswa. Pembelajaran daring mulai diberlakukan sebagai efek dari keputusan ini.

Sebagian besar guru awalnya tergagap-gagap untuk melakukan pembelajaran daring ini. Hal ini karena, selama ini pembelajaran masih dilakukan secara tradisional dimana guru belum dapat mengoptimalkan berbagai media pembelajaran yang ada terutama media online. Penggunaan kertas juga masih terlihat disana sini baik sebagai media ajar maupun untuk evaluasi. Tidak hanya guru, siswapun merasa tergopoh-gopoh untuk beradaptasi dengan pembelajaran online ini karena ini merupakan hal yang baru dan dirasa cepat bagi mereka.

Sebenarnya banyak sekali aplikasi online yang dapat digunakan untuk membantu pelaksanaan pembelajaran daring. Aplikasi ini berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan nya. Ada yang digunakan untuk kebutuhan video conference, chat group online, serta pemberian tugas atau PR, kuis dan evaluasi online ke siswa.

Beberapa aplikasi online yang dapat digunakan guru dan siswa selama pembelajaran daring ini yaitu :
1. Zoom, google meet, webex
merupakan aplikasi untuk kebutuhan video conference antara guru dan siswa. Belajar seperti layaknya di ruang kelas meskipun jarak berjauhan.

2. Google classroom
merupakan aplikasi pembuatan tugas atau PR jarak jauh dan koreksi otomatis, sehingga guru masih dapat memberikan materi atau ulangan dari rumah ke semua siswa.

3. Quizizz
merupakan sebuah webtool untuk membuat permainan kuis interaktif dalam kelas sehingga siswa dapat mengerjakan soal secara fun, menarik, dan menyenangkan. Terdapat durasi waktu untuk menjawab setiap pertanyaan pada aplikasi ini.

4. Edmodo
Sebagai sarana yang tepat untuk ujian maupun quiz. Selain itu, guru juga dapat memberikan bahan ajar seperti pertanyaan, foto, video pembelajaran kepada murid dengan mudah untuk kemudian diunduh oleh murid. Aplikasi edmodo juga mempermudah komunikasi antara guru, murid sekaligus orang tua murid sehingga orang tua murid dapat memantau kegiatan belajar anaknya dengan mudah.

5. Schoology
merupakan situs yang menggabungkan antara jejaring sosial dan LMS (Learning Management System). Jadi melalui schoology kita dapat berinteraksi sosial sekaligus belajar. Pada aplikasi ini, guru dapat memberikan bahan ajar secara online, pemberian soal-soal online yang bervariatif mulai dari pilihan ganda, menjodohkan, benar salah, dan isian singkat. Koreksinya pun dilakukan secara otomatis sehingga guru tidak lagi dibebani untuk mengoreksi tugas siswa.  Untuk guru Matematika akan sangat dimanja dalam pembuatan soal di Schoology ini, karena aplikasi ini dilengkapi dengan Symbol, Equation, dan Latex. Jadi semua jenis soal yang mengandung gambar, simbol, dan equation dapat ditulis di Schoolgy.

Beberapa aplikasi diatas,  dapat diunduh secara gratis melalui smartphone. Selanjutnya, guru tinggal memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan ketika pembelajaran. Tentunya aspek kemudahan ketika digunakan, juga perlu dipertimbangkan. Maka, mulailah untuk membuat kelasmu secara online, dan lihat akan ada banyak keuntungan yang kamu dapatkan.

Komentar

  1. Alhamdulillah terima kasih tulisannya serasa membaca tulisan blogger profesional saja.
    Bahasanya runtut dan yang penting tulisan ini mengambil judul yang belum diambil oleh peserta lainnya dalam pelatihan online kita. Pertahankan usaha terbaiknya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah,,terima kasih sekali pak,,saya masih perlu banyak belajar agar lebih mahir seperti para pembicara yang handal

      Hapus
  2. Bagus tulisannya. Informasi yg diberilan juga sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih pak,,mohon komentarnya agar bisa lebih bagus lagi

      Hapus
  3. Bagus tulisannya, Bu. Judulnya juga menarik. Yuk blog walking www.cikgutere.com

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SECARIK PESAN OM JAY, MENULISLAH !!!

Menulis adalah seni merangkai kata menjadi sebuah kalimat, bagaimana membuat kalimat yang cantik sehingga dapat dilirik pembaca, dan bagaimana tulisan yang dihasilkan berhasil menggugah emosi pembaca. Tidak mudah memang.Menghasilkan suatu karya seni tulisan yang indah butuh banyak pengalaman dan jam terbang yang tinggi. Tetapi ini bukan hal yang tidak mungkin. Jika ada keinginan belajar, maka segalanya akan menjadi mungkin. Dari belajar menulis yang paling sederhana, cerita pribadi kita yang bisa kita tulis sebagai curahan hati, cerita apapun itu, entah itu penting atau tidak, tetap lah ditulis. Belajar dari banyak membaca karya orang lain. Ini penting untuk memperkaya diksi kita, mengenal gaya-gaya tulisan berbagai macam penulis, dan bisa juga sebagai latihan untuk memancing emosi kita. Selanjutnya belajar dari yang benar-benar pakar nya menulis. Ini harus ada penghubung yang bisa memfasilitasi kita untuk belajar dari para pakar menulis yang handal. Om Jay, founder komunitas sejuta

KIAT MEMBUKUKAN LAPORAN PTK

Karya ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil dari penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan (Wikipedia). Terdapat berbagai macam karya ilmiah, diantaranya hasil seminar atau workshop, laporan penelitian, makalah, artikel atau jurnal penelitian dan lainnya. Skripsi, tesis, dan disertasi pun tergolong jenis karya ilmiah. Apapun tipe penelitian yang dilakukan, baik penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian dan pengembangan (R&D), penelitian kualitatif ataupun penelitian eksperimen, jika dibuat dalam bentuk laporan penelitian maka disebut karya ilmiah. Salah satu jenis laporan penelitian yang sering dibuat oleh pengajar  adalah laporan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK adalah suatu penelitian yang dilakukan dalam rangka untuk memperbaiki pembelajaran di dalam kelas.  Penelitian ini biasanya dilakukan oleh pengajar yang in

MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DARI RUMAH

Wabah Covid 19 yang belum tau kapan meredanya, membuat banyak pihak bertanya-tanya, kapan kondisi akan kembali normal seperti biasa? Tak terkecuali bagi dunia pendidikan. Selama pandemi Covid 19 menyerang, kegiatan di bidang pendidikan seakan lumpuh. Banyak kebijakan yang akhirnya membuat sektor ini mengambil langkah yang dilematis. Di satu sisi, melaksanakan anjuran dari pemerintah yang mengharuskan adanya social dan physical distancing guna menekan penyebaran virus Covid 19. Tapi di sisi lain, pembelajaran harus tetap terlaksana. Hak siswa untuk mendapatkan pengajaran harus tetap diterima. Akhirnya jalan tengahpun dilakukan. Pembelajaran jarak jauh dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan ini. Namun pertanyaannya, bagaimana membuat pembelajaran yang efektif selama PJJ? Keputusan pelaksanan PJJ yang serba mendadak, membuat para pelaku pendidikan sangat tidak siap. Tidak hanya guru dan siswa, orang tua, kepala sekolah hingga pengambil kebijakan pendidikan lainnyapun mau tidak mau haru