Langsung ke konten utama

MENULIS BUKU UNTUK PENERBIT MAYOR


Sebelum penulis membahas resume dari narasumber hebat Pak Ukim Komarudin, ada kisah dari beliau yang sayang jika dilewatkan. Penulis ingin menceritakan kembali perjalanan menulis beliau sebagai penulis pemula hingga bisa tembus penerbit mayor.

Pak Ukim Komarudin, sosok seperti Mario Teguh jika penulis bisa katakan. Mengapa demikian? karena setiap kata per kata yang beliau utarakan, bagai sedang mendengar acara Mario Teguh Golden Ways,,bapak yang Budiman, ibu yang luar biasa, begitu beliau menyebut kami,, energi-energi positif yang beliau salurkan lewat kata sapaan itu seakan mengalir ke dalam jiwa kami. Super sekali..

Kisah dari penulis pemula hingga ke penerbit mayor
Bagi Pak Ukim, menulis merupakan ekspresi pribadi beliau. Oleh karena itu, beliau merasa sangat penting memiliki tempat untuk mencurahkan segala kegelisahan atau apapun bentuknya. lalu beliau menemukan menulis adalah sarana yang tepat. Ketika beliau menulis, beliau tidak mempedulikan tentang kualitas tulisan beliau ataupun trans apa yang sedang ada di masyarakat sekarang. Yang terpenting bagi beliau  adalah menulis. Dan kegiatan menulis pun menjadi makanan sehari-hari beliau, jika sehari saja tidak menulis, beliau akan merasa ada sesuatu yang hilang.

Selain menulis apa yang dipikirkan beliau, beliau pun menulis tentang pelajaran, proposal, liputan kegiatan yang harus dituliskan di majalah, dan menulis buku harian. Hingga sampai suatu hari, tulisan-tulisan itu mulai dilirik orang-orang terdekat, yang dalam hal ini teman-teman guru. Satu dua teman berkomentar bahwa tulisan beliau bagus, dapat membuat pembaca larut dalam cerita, dan mudah dicerna oleh pembaca. Karena komentar tersebut, beliau mengatakan untuk membukukan tulisan-tulisan yang selama ini merekam semua kejadian yang beliau alami. Ada beragam kejadian, tetapi tema besarnya merupakan pelajaran seorang dewasa (guru) dari anak-anak "cerdas" yang menjadi siswanya. Oleh karena tulisan itu beragam kejadian, beragam waktu, dan dari beragam tokoh, maka judul buku tersebut adalah "Menghimpun yang Berserak." Sebuah usaha untuk mengumpulkan segenap mutiara yang berserakan dalam kehidupan yang sangat bermanfaat bagi beliau, dan semoga bermanfaat pula buat orang lain (pembaca). Selanjutnya beliau tawarkan buku tersebut ke sebuah penerbit mayor bersama buku pelajaran yang beliau buat bersama dengan teman.

Interview dilakukan untuk kedua buku,  pertama, buku bersama yakni buku mata pelajaran. Kedua, buku pribadi beliau, "Menghimpun yang Berserak." Dalam kesempatan interview itulah beliau banyak mendapatkan pengetahuan terkait tips dan trik menerbitkan buku. Dikatakan beliau, untuk buku pribadi beliau 'menghimpun yang berserak", ada banyak pertanyaan yang diajukan oleh penerbit. Tentunya ini tak lepas dari laku atau tidaknya buku tersebut. Beberapa pertanyaan yang penerbit ajukan ke beliau adalah :

  • Apakah bukunya diperkirakan akan laku di pasaran? 
  • Apakah buku beliau mempunyai nilai tambah sehingga pembaca melirik dan membeli buku tersebut.
  • Untuk kepentingan pasar, "Apakah beliau bersedia apabila beberapa hal terjadi penyesuaian (diganti)?

Bagi beliau, beberapa pertanyaan yang diajukan penerbit, dirasakan kurang sesuai dengan tujuan beliau dalam menulis.  Namun, penerbit mengajukan beberapa pertanyaan tersebut dalam rangka untuk memutuskan apakah naskah itu layak diterbitkan atau sebaliknya. Dan bagi penerbit, naskah dari penulis pemula memang harus dipoles di sana sini agar tambah memikat minat pembaca.

Pak Ukim lanjut bercerita jika nanti naskah itu dapat melewati editor, maka proses "menjadi" memang mengalami banyak hal. Ada bagian gambar sampul, ilustrasi, photo jika diperlukan, tata letak, dan lainnya, yang akan menyukseskan suatu naskah hingga benar-benar terbit. Jikalau pun harus ada keperluan editing, dari editor akan selalu memberikan konfirmasi. Artinya, semuanya akan terjadi jika penulis naskah setuju. Sebelum proses naik cetak, penulis buku mendapatkan dami, yaitu  calon buku yang sama persis jika akhirnya bisa dicetak. Setelah buku benar-benar dicetak, penulis juga tetap melewati serangkaian kegiatan seperti tanda tangan penerimaan royalti (tergantung aturan masing-masing penerbit), kegiatan launching buku, dan  promosi buku. Terutama dalam hal promosi,penulis dianjurkan untuk dapat terlibat langsung memasarkan buku agar buku tersebut dapat segera dinikmati oleh orang lain.

Demikian kisah perjalanan karya dari seorang penulis pemula, yang dapat terbit melalui penerbit mayor. Selalu ada tim di belakang nya yang membantu sukses nya buku kisah pribadi Pak Ukim.

Cara Menjadi Penulis
Menurut Pak Ukim, seorang penulis pastilah seorang pembaca banyak buku juga. Bagi penulis pemula khususnya, disarankan untuk memperbanyak membaca buku guna mempertajam wawasan dan penguasaan materi kita. Dari proses membaca ini, kita juga akan tambah mengenal diksi-diksi yang bagus, teknik penulisan yang hebat serta gaya menulis yang apik. Terkadang, dari membaca buku, ide juga akan serta merta muncul di benak kita.

Ide yang kita peroleh, kita paparkan dalam bentuk tulisan. Abaikan dulu mengenai kualitas dan tata bahasa tulisan ketika menulis, cukup dengan lanjut menulis hingga selesai. Selama kegiatan menulis berlangsung, teruslah untuk memotivasi diri anda bahwa anda mampu menyelesaikan tulisan tersebut. Hal ini karena, adanya writers block yang biasanya mengganggu penulis pada saat menyelesaikan naskahnya. Ide yang tiba-tiba hilang akan melunturkan semangat penulis untuk melanjutkan naskahnya. Tahap inilah yang sebenarnya penting diketahui. Komitmen dan konsistensi adalah kunci agar naskah dapat selesai sesuai jadwal yang ditentukan apapun kondisinya.

Setelah tulisan selesai, barulah kita masuk ke dalam tahap editing. Rapikan  hasil tulisan kita sesuai dengan EYD yang tepat dan pilihan diksi yang sesuai agar naskah kita siap untuk diulas penerbit dan diterbitkan. Dapat dilihat pada gambar.

Proses perjalanan naskah hingga layak terbit
Dari perjalanan kisah buku pertama pak Ukim, beliau kemudian menjelaskan alur perjalanan suatu naskah dari awal masuk ke penerbit hingga akhirnya diterbitkan. Apa itu naskah? Naskah adalah hasil karya yang menjadi tanggung jawab penulis dalam penerbitan sebuah buku. Naskah yang baik harus memenuhi krtiteria berikut ;
  1. Naskah merupakan hasil tulisan asli
  2. Belum pernah dipublikasikan penerbit lain
  3. Memiliki jalan cerita yang menarik
  4. Naskah ditulis dengan rapi
  5. Memiliki peluang pasar yang baik
  6. Tidak merupakan karya plagiat
  7. Dilengkapi dengan sinopsis
  8. Dilengkapi dengan kelebihan dan kekurangan dengan buku-buku yang bertema serupa di pasar.

Jika naskah telah memenuhi kriteria diatas, naskah dapat dikirimkan melalui pos atau diantar langsung ke alamat penerbit dengan mencantumkan genre tulisan pada sampul amplop. Selain itu, juga disertakan surat pengantar dan biodata penulis secara lengkap. Jika dalam waktu minimal 3 bulan tidak ada konfirmasi dari pihak penerbit, maka naskah tersebut tidak lolos seleksi penerbitan. Jika naskah diterima, maka naskah akan diproses lebih lanjut.

Naskah yang diterima, kemudian akan masuk ke tim editorial untuk melewati serangkaian macam proses. Tim editorial ini digawangi oleh editor sebagai penyaring naskah, pengawal naskah dan melengkapi data administrasi penerbitan naskah. Editor akan dibantu oleh desainer dan ilustrator sebagai penambah gambar (jika diperlukan), penambah ilutrasi dan pembuat sampul buku. Selain itu, tim ini juga akan dibantu oleh layouter sebagai pengkoreksi perubahan konten dan penentu tata letak sesuai kebutuhan cetak. Jika ada koreksi terkit dengan konten, tim editorial akan menghubungi penulis guna konfirmasi adanya perubahan dalam konten. Konten akan diubah jika penulis menyatakan setuju untuk mengubahnya. Setelah naskah melewati tahap penataan tata letak, maka naskah sudah siap untuk dicetak. Sebelum naskah didistribusikan, naskah akan diberikan kembali kepada penulis untuk dikoreksi terkait dengan isi, tata letak gambar, ilustrator, dan sebagainya. Jika naskah ini dinyatakan sesuai oleh penulis, maka naskah akan siap didistribusikan.


Tugas editor selanjutnya adalah membuat alat promosi penerbitan buku seperti flyer, brosur, dan lain-lain. Editor akan berkoordinasi dengan tim marketing dan penulis terkait cara promosi buku yang diterbitkan. Proses promosi dapat berupa media sosial, pameran buku, acara bedah buku, ataupun cara lainnya. Peran serta penulis tetap diharapkan pada tahapan promosi ini guna proses percepatan penjualan buku yang sudah terbit.

Ada beberapa alasan mengapa suatu naskah ditolak oleh penerbit
  • Naskah kurang nilai ekonomisnya
  • Materi/judul tidak sesuai dengan fokus bisnis penerbit
  • Sudah ada buku sejenis di penerbit
  • Penulis tampak kurang menguasai materi
  • Penulis tampak tidak mampu menuangkan idenya dengan baik
  • Penuhnya kapasitas produksi penerbit
Penulis yang naskahnya diterbitkan, akan mendapatkan royalti sebesar 6-10 % yang dibayarkan setiap 6 bulan sekali setelah buku terbit.

Perlu diingat bahwa, yang paling penting untuk dapat menembus penerbit mayor adalah dengan mengikuti aturan penerbitan dari penerbit tersebut. Gaya selingkung tiap penerbit akan berbeda dan kita harus menyesuaikan dengan gaya dari penerbit tersebut.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SECARIK PESAN OM JAY, MENULISLAH !!!

Menulis adalah seni merangkai kata menjadi sebuah kalimat, bagaimana membuat kalimat yang cantik sehingga dapat dilirik pembaca, dan bagaimana tulisan yang dihasilkan berhasil menggugah emosi pembaca. Tidak mudah memang.Menghasilkan suatu karya seni tulisan yang indah butuh banyak pengalaman dan jam terbang yang tinggi. Tetapi ini bukan hal yang tidak mungkin. Jika ada keinginan belajar, maka segalanya akan menjadi mungkin. Dari belajar menulis yang paling sederhana, cerita pribadi kita yang bisa kita tulis sebagai curahan hati, cerita apapun itu, entah itu penting atau tidak, tetap lah ditulis. Belajar dari banyak membaca karya orang lain. Ini penting untuk memperkaya diksi kita, mengenal gaya-gaya tulisan berbagai macam penulis, dan bisa juga sebagai latihan untuk memancing emosi kita. Selanjutnya belajar dari yang benar-benar pakar nya menulis. Ini harus ada penghubung yang bisa memfasilitasi kita untuk belajar dari para pakar menulis yang handal. Om Jay, founder komunitas sejuta

TIPS MEMBUKUKAN HASIL RESUME PELATIHAN

Jika dulu kita mendengar kata webinar atau kulwap, pasti sangat asing di telinga kita. Karena tidak dapat dibayangkan, apa bisa pelatihan/workshop/seminar yang dilakukan secara online baik dari YouTube atau WA? Namun, di tengah pandemi seperti sekarang, dimana kerumunan sangatlah dilarang dan masyarakat masih haus akan keilmuan, pelatihan secara online adalah solusi dari permasalahan ini. Saat ini penyelenggaraan webinar sedang digandrungi oleh banyak pihak. Baik yang pelaksanaannya dilakukan oleh instansi maupun pribadi. Semua berlomba-lomba untuk menawarkan acara webinar dengan seabrek manfaat yang didapat. Entah itu yang pelaksanaannya gratis, maupun yang berbayar. Prospek webinar di masa pandemi ini sedang begitu gemilang.  Banyaknya acara webinar yang diselenggarakan, juga memberikan suatu permasalahan. Apakah kita mengikuti webinar tersebut hanya untuk mengejar sertifikat yang ditawarkan atau benar-benar ingin memperoleh ilmu baru. Sebenarnya dua tujuan ini diperbolehkan selama k

KIAT MEMBUKUKAN LAPORAN PTK

Karya ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil dari penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan (Wikipedia). Terdapat berbagai macam karya ilmiah, diantaranya hasil seminar atau workshop, laporan penelitian, makalah, artikel atau jurnal penelitian dan lainnya. Skripsi, tesis, dan disertasi pun tergolong jenis karya ilmiah. Apapun tipe penelitian yang dilakukan, baik penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian dan pengembangan (R&D), penelitian kualitatif ataupun penelitian eksperimen, jika dibuat dalam bentuk laporan penelitian maka disebut karya ilmiah. Salah satu jenis laporan penelitian yang sering dibuat oleh pengajar  adalah laporan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK adalah suatu penelitian yang dilakukan dalam rangka untuk memperbaiki pembelajaran di dalam kelas.  Penelitian ini biasanya dilakukan oleh pengajar yang in