Langsung ke konten utama

MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK SEJAK DINI

Kegiatan membaca pada dasarnya adalah suatu kegiatan untuk memperoleh informasi dari bahan bacaan yang dibaca. Banyak bahan bacaan yang dapat dijadikan tempat sebagai sarana kegiatan membaca, seperti buku, koran, majalah, bahkan semakin berkembangnya teknologi, kegiatan membaca beralih kepada membaca secara digital. Artinya bahan bacaan tidak ada dalam bentuk nyata melainkan dalam bentuk Maya yang dapat diakses melalui internet. Banyaknya bahan bacaan baik digital maupun konvensional ternyata tidak diimbangi dengan tingginya minat baca masyarakat. Ini karena kebiasaan masyarakat kita yang lebih senang menunggu untuk mendapatkan informasi daripada mencari informasi. 

Gerakan literasi sebenarnya sudah mulai digalakkan pemerintah beberapa waktu lalu. Mulai berliterasi di lingkungan masyarakat, sekolah hingga di keluarga. Namun,  upaya untuk menumbuhkan kecintaan akan kegiatan membaca, akan lebih efektif jika dimulai dari lingkungan keluarga. Orang tua dapat memperkenalkan buku sejak dini kepada anak. Bahkan sejak bayi pun, anak sebenarnya sudah dapat diperkenalkan buku. Meskipun belum bisa membaca, setidaknya si anak dapat mendengarkan orang tuanya bercerita. Akan lebih bagus jika kegiatan membaca pada anak menggunakan buku-buku bergambar. Karena sembari bercerita, orang tua dapat menunjukkan gambar-gambar yang ada dalam buku tersebut. 

Untuk pemilihan buku bacaan anak, sebaiknya berikan kewenangan penuh kepada si anak. Apakah anak suka tentang cerita hewan , kerajaan, robot atau yang lain, minta mereka untuk memilihnya sendiri. Dengan demikian, tidak ada lagi alasan untuk tidak suka membaca karena mereka diberikan kewenangan tersendiri untuk memilih bacaan favoritnya. Jika di rumah tidak tersedia buku bacaan anak, anak bersama orang tua dapat membuat bukunya sendiri. Kegiatan ini akan jauh lebih bermakna karena orang tua terlibat langsung dalam kegiatan anak. 

Buku kolaborasi ini dapat dibuat dengan membuat cerita fiktif atau imajinatif dari kehidupan nyata, misal cerita tentang hari istimewa, minta pada anak untuk mengemukakan hari istimewa itu apa, apakah hari ketika bisa makan es krim sepuasnya atau hari dimana bisa nonton TV berlama-lama atau mungkin yang lain. Yang terpenting jangan ceritakan cerita takhayul kepada anak. Seperi hantu, setan dan sejenisnya. Lakukan kegiatan ini setiap hari sehingga anak akan terbiasa dengan buku dan kegiatan membaca. Dengan ini, akan tumbuh kecintaan anak pada dunia buku dan membaca.

Pada anak usia dini, kemampuan membaca anak masih belum berkembang maksimal. Ini dikarenakan anak memang belum diperkenalkan cara untuk membaca. Peran orang tua tetap sebagai seorang pembaca yang yang membacakan buku untuk si anak dan anak berperan sebagai pendengar setia orang tua. Namun, ketika dia sudah masuk ke usia yang lebih besar, yaitu kelas 2 atau 3 SD, anak sudah mempunyai kemampuan untuk dapat membaca mandiri. Peran orang tua akan berubah seiring bertambahnya usia anak. Disini peran orang tua lebih sebagai fasilitator yang memfasilitasi bahan bacaan berkualitas untuk si anak. 

Disamping itu, semakin bertambah usia anak, kegiatan membaca tidak hanya sekedar membaca saja. Anak juga perlu diarahkan untuk mampu menceritakan kembali pesan yang dapat  diambil dari cerita dan menganalisis bacaan tadi. Jika banyak buku yang dijadikan bahan bacaan anak, anak dapat diminta untuk menentukan beberapa buku yang saling terkait satu sama lain. Dengan begitu, kemampuan anak tidak  hanya sekedar kemampuan berliterasi, tetapi  kemampuan berliterasi tingkat tinggi. 


Inilah yang sebenarnya ibu Farrah Dina beserta tim dari tangga Edu harapkan untuk kemajuan literasi anak bangsa. Anak tidak hanya memiliki kemampuan literasi yang tinggi, melainkan juga pemahaman yang baik akan bacaannya, serta meningkat kreativitas dan kemampuan berpikir tingkat tinggi nya. Dan kesemuanya itu haruslah dimulai semenjak dini agar pola pikir anak sudah terbiasa untuk berpikir kritis dan kreatif. 

(Contoh buku daring)

Bu Farrah beserta yayasan tangga Edu telah menyediakan banyak buku daring yang dapat diakses di website www.tanggaedu.com. Buku daring ini juga akan dilengkapi dengan lembar kerja aktivitas belajar anak yang dapat digunakan oleh orang tua untuk mengetes kemampuan dasar literasi dan numerisasi anak. Yang lebih penting semuanya itu dapat diunduh gratis melalui website tangga edu. Keberadaan buku daring ini sangat menarik bagi para orang tua di tengah mahalnya buku-buku anak yang berkualitas. Dengan tersedianya buku daring gratis ini, maka orang tua dapat mengajak anak-anak nya untuk melakukan kegiatan membaca dan menganalisis bacaan di rumah bersama. Sehingga dari itu semua diharapkan kualitas pendidikan Indonesia akan meningkat karena berawal dari SDM yang berkualitas. 


DOWNLOAD BUKU dan lembar aktivitas belajar siswa gratis disini https://tanggaedu.com/media-belajar/

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SECARIK PESAN OM JAY, MENULISLAH !!!

Menulis adalah seni merangkai kata menjadi sebuah kalimat, bagaimana membuat kalimat yang cantik sehingga dapat dilirik pembaca, dan bagaimana tulisan yang dihasilkan berhasil menggugah emosi pembaca. Tidak mudah memang.Menghasilkan suatu karya seni tulisan yang indah butuh banyak pengalaman dan jam terbang yang tinggi. Tetapi ini bukan hal yang tidak mungkin. Jika ada keinginan belajar, maka segalanya akan menjadi mungkin. Dari belajar menulis yang paling sederhana, cerita pribadi kita yang bisa kita tulis sebagai curahan hati, cerita apapun itu, entah itu penting atau tidak, tetap lah ditulis. Belajar dari banyak membaca karya orang lain. Ini penting untuk memperkaya diksi kita, mengenal gaya-gaya tulisan berbagai macam penulis, dan bisa juga sebagai latihan untuk memancing emosi kita. Selanjutnya belajar dari yang benar-benar pakar nya menulis. Ini harus ada penghubung yang bisa memfasilitasi kita untuk belajar dari para pakar menulis yang handal. Om Jay, founder komunitas sejuta

TIPS MEMBUKUKAN HASIL RESUME PELATIHAN

Jika dulu kita mendengar kata webinar atau kulwap, pasti sangat asing di telinga kita. Karena tidak dapat dibayangkan, apa bisa pelatihan/workshop/seminar yang dilakukan secara online baik dari YouTube atau WA? Namun, di tengah pandemi seperti sekarang, dimana kerumunan sangatlah dilarang dan masyarakat masih haus akan keilmuan, pelatihan secara online adalah solusi dari permasalahan ini. Saat ini penyelenggaraan webinar sedang digandrungi oleh banyak pihak. Baik yang pelaksanaannya dilakukan oleh instansi maupun pribadi. Semua berlomba-lomba untuk menawarkan acara webinar dengan seabrek manfaat yang didapat. Entah itu yang pelaksanaannya gratis, maupun yang berbayar. Prospek webinar di masa pandemi ini sedang begitu gemilang.  Banyaknya acara webinar yang diselenggarakan, juga memberikan suatu permasalahan. Apakah kita mengikuti webinar tersebut hanya untuk mengejar sertifikat yang ditawarkan atau benar-benar ingin memperoleh ilmu baru. Sebenarnya dua tujuan ini diperbolehkan selama k

KIAT MEMBUKUKAN LAPORAN PTK

Karya ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil dari penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan (Wikipedia). Terdapat berbagai macam karya ilmiah, diantaranya hasil seminar atau workshop, laporan penelitian, makalah, artikel atau jurnal penelitian dan lainnya. Skripsi, tesis, dan disertasi pun tergolong jenis karya ilmiah. Apapun tipe penelitian yang dilakukan, baik penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian dan pengembangan (R&D), penelitian kualitatif ataupun penelitian eksperimen, jika dibuat dalam bentuk laporan penelitian maka disebut karya ilmiah. Salah satu jenis laporan penelitian yang sering dibuat oleh pengajar  adalah laporan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK adalah suatu penelitian yang dilakukan dalam rangka untuk memperbaiki pembelajaran di dalam kelas.  Penelitian ini biasanya dilakukan oleh pengajar yang in