Langsung ke konten utama

CARA MERAUP DOLAR DARI YOUTUBE

Sekarang ini, YouTube adalah salah satu media sosial yang sedang trend di kalangan masyarakat. Tidak hanya di Indonesia, bahkan masyarakat duniapun mengenalnya. Selain untuk menambah ilmu, YouTube juga dapat dijadikan sebagai sarana hiburan. Setiap hari, ribuan bahkan jutaan video terunggah di YouTube. Mulai dari video pembelajaran, video tutorial, acara musik, berita, film, dan lain sebagainya. Keberadaan YouTube telah menggantikan televisi dan media lainnya sebagai sarana pemberi informasi dan hiburan. 

Pengguna YouTube sekarang tidak hanya bertindak sebagai penikmat, melainkan juga pengunggah video untuk YouTube. Kita menyebutnya youtuber. Di Indonesia saja, banyak sekali Youtuber yang sukses. Sebut saja Dedy Corbuzier, Jurnarisa, Raditya Dika, dan banyak lagi yang lainnya. Dengan konten-konten konten unik, kreatif, dan informatif mereka, telah membuat tayangan di YouTube semakin berwarna. Bahkan dari mengunggah video di YouTube, mereka dapat memperoleh penghasilan tersendiri. Tidak tanggung-tanggung, nominal dari penghasilan yang mereka peroleh melalui YouTube, cukuplah besar. Namun, tidak semua orang dapat memperoleh penghasilan melalui YouTube. Hal ini tergantung dari jumlah viewers dan subscriber (pengikut) channel YouTube anda. 

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk memperoleh penghasilan tambahan dari youTube.

Buatlah Channel YouTube
Sebelum kita membuat channel YouTube, pastikan kita sudah memiliki akun Gmail di aplikasi YouTube kita. Akun yang kita miliki, digunakan untuk masuk ke aplikasi YouTube dengan cara klik "Sign ini" lalu masukkan atau pilih email yang akan kita daftarkan.  Selanjutnya, kita tinggal ikuti beberapa langkah berikut :
  1. Dilansir dari dewaweb.com, Setelah halaman Youtube berhasil dibuat, klik foto yang ada di pojok kanan atas dan klik bagian ‘Settings’. Dari sana kemudian muncul pengaturan akun dan kita dapat memilih ‘Create a New Channel’ untuk membuat channel baru.
  2. Setelah muncul pilihan ‘Create Channel’, kita wajib mengisikan nama untuk channel tersebut. Sebaiknya gunakan nama yang sesuai dengan isi konten yang ada dan pilihlah nama yang mudah diingat dan tetap unik.
  3. Bila kita ingin menggunakan channel Youtube untuk bisnis, maka klik tulisan ‘Use a Bussiness or Other Name’ yang berwarna biru. kita juga perlu memasukkan nama brand yang diinginkan saat masuk laman ‘Brand Account’ dan klik tombol ‘Create’.
  4. Channel youTube pun sudah dibuat, dan selanjutnya kita dapat mengisinya dengan cara mengunggah video yang sudah disiapkan.
Kembangkan konten sesuai minat dan keahlian kita.
Dicontohkan paman Apiq yang merupakan seorang guru dan youtuber,beliau banyak membuat video tentang matematika di channel YouTubenya. Karena memang background keahlian beliau adalah matematika sehingga konten yang dikembangkan adalah seputar matematika. 

Disamping itu, kita juga dapat membuat konten menarik yang sedang dicari banyak orang. Misal sekarang orang ingin tahu kapan tanggal idul fitri dan Hisab hitungannya bagaimana, kita dapat memanfaatkan keingintahuan ini dengan membuat video berdasar info tersebut.

Buat judul yang menarik
Judul video juga berpengaruh terhadap traffic ke channel YouTube kita. Lakukan riset mencari kata kunci dari pencarian YouTube. Dicontohkan paman Apiq, jika kita ingin membuat konten matematika, ketik kata 'matematika' di mesin pencari YouTube. Kita dapat melihat judul video apa saja yang sering dicari oleh netizen di youTube. Dari sini, kita dapat menentukan judul untuk video YouTube kita. 

Pelajari statistik untuk improvement
Di YouTube, tersedia fasilitas untuk melihat statistika pengunjung. Ada beberapa hal yang dapat kita pelajari dari ini 
  • Temukan cara meningkatkan kualitas video dengan persiapan dan editing.
  • Temukan cara meningkatkan kualitas konten video.
  • Temukan cara memproduksi video dengan efisien, hemat waktu, biaya, dan energi.
  • Temukan irama yang konsisten untuk meproduksi konten positif.
  • Gali lebih dalam analytic Anda dan perhatikan trending serta analytic canel lain.
  • Buat video lagi sesuai analytic.
  • Fokuskan ke dampak positif kepada masyarakat luas.
Konsisten
Dalam mengelola YouTube, dibutuhkan konsistensi untuk membuat dan meng-upload video yang sesuai dengan konten yang ditentukan. Jika kita lambat, maka akan tersaingi dan tertinggal dengan channel YouTube lain. Akibatnya traffic netizen yang akan berkunjung ke channel YouTube kita dapat berkurang. 

Gunakan aplikasi penunjang
Paman Apiq menjelaskan bahwa menyiapkan video untuk diunggah di YouTube, tidaklah sulit. Kita dapat menggunakan beberapa aplikasi yang dapat diakses melalui Smartphone kita. Beberapa aplikasi tersebut meliputi :
  • Polaris atau whiteboard untuk  papan digital.Berfungsi apabila kita ingin mencorat-coret sesuatu di video kita Mobizen untuk merekam layar dan suara
  • Canva untuk mendesain gambar
  • Inshot untuk editing video
  • Kesemua aplikasi tersebut dapat difungsikan melalui smartphone sehingga lebih efektif dan efisien. 
Syarat mendapatkan penghasilan dari YouTube
Untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube, kita harus memenuhi syarat untuk menjadi youtube partner. Jumlah subscriber di channel YouTube kita harus minimal 1000 orang dan video di YouTube kita harus minimal 4000 jam tayang dalam 1 tahun terakhir. Jika kedua syarat ini terpenuhi, maka kita dapat melakukan monetize channel YouTube kita dan mendapatkan penghasilan darinya. 

Menjadi youtuber memang lebih menggoda karena penghasilan dolar otomatis masuk rekening kita. Taksiran penghasilan 1 channel paman Apiq saja bisa di atas 100 hingga 2000 dolar per bulan. Nominal yang sangat menggiurkan untuk penghasilan kedua kita. Namun, kita harus mampu mengelola channel YouTube kita dengan rutin dan konsisten. Kita dapat membuat konten apapun yang kita inginkan dan kuasai. Yang terpenting, seringlah untuk mempelajari statistik analytic yg disediakan oleh youtube. Hal ini berguna untuk perbaikan konten kita agar lebih bagus, menarik dan bermanfaat. Dengan demikian, semakin banyak netizen yang berkunjung ke channel YouTube kita. Pundi-pundi pun akan mengikuti seiring bertambahnya viewer di channel YouTube kita.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SECARIK PESAN OM JAY, MENULISLAH !!!

Menulis adalah seni merangkai kata menjadi sebuah kalimat, bagaimana membuat kalimat yang cantik sehingga dapat dilirik pembaca, dan bagaimana tulisan yang dihasilkan berhasil menggugah emosi pembaca. Tidak mudah memang.Menghasilkan suatu karya seni tulisan yang indah butuh banyak pengalaman dan jam terbang yang tinggi. Tetapi ini bukan hal yang tidak mungkin. Jika ada keinginan belajar, maka segalanya akan menjadi mungkin. Dari belajar menulis yang paling sederhana, cerita pribadi kita yang bisa kita tulis sebagai curahan hati, cerita apapun itu, entah itu penting atau tidak, tetap lah ditulis. Belajar dari banyak membaca karya orang lain. Ini penting untuk memperkaya diksi kita, mengenal gaya-gaya tulisan berbagai macam penulis, dan bisa juga sebagai latihan untuk memancing emosi kita. Selanjutnya belajar dari yang benar-benar pakar nya menulis. Ini harus ada penghubung yang bisa memfasilitasi kita untuk belajar dari para pakar menulis yang handal. Om Jay, founder komunitas sejuta

TIPS MEMBUKUKAN HASIL RESUME PELATIHAN

Jika dulu kita mendengar kata webinar atau kulwap, pasti sangat asing di telinga kita. Karena tidak dapat dibayangkan, apa bisa pelatihan/workshop/seminar yang dilakukan secara online baik dari YouTube atau WA? Namun, di tengah pandemi seperti sekarang, dimana kerumunan sangatlah dilarang dan masyarakat masih haus akan keilmuan, pelatihan secara online adalah solusi dari permasalahan ini. Saat ini penyelenggaraan webinar sedang digandrungi oleh banyak pihak. Baik yang pelaksanaannya dilakukan oleh instansi maupun pribadi. Semua berlomba-lomba untuk menawarkan acara webinar dengan seabrek manfaat yang didapat. Entah itu yang pelaksanaannya gratis, maupun yang berbayar. Prospek webinar di masa pandemi ini sedang begitu gemilang.  Banyaknya acara webinar yang diselenggarakan, juga memberikan suatu permasalahan. Apakah kita mengikuti webinar tersebut hanya untuk mengejar sertifikat yang ditawarkan atau benar-benar ingin memperoleh ilmu baru. Sebenarnya dua tujuan ini diperbolehkan selama k

KIAT MEMBUKUKAN LAPORAN PTK

Karya ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil dari penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan (Wikipedia). Terdapat berbagai macam karya ilmiah, diantaranya hasil seminar atau workshop, laporan penelitian, makalah, artikel atau jurnal penelitian dan lainnya. Skripsi, tesis, dan disertasi pun tergolong jenis karya ilmiah. Apapun tipe penelitian yang dilakukan, baik penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian dan pengembangan (R&D), penelitian kualitatif ataupun penelitian eksperimen, jika dibuat dalam bentuk laporan penelitian maka disebut karya ilmiah. Salah satu jenis laporan penelitian yang sering dibuat oleh pengajar  adalah laporan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK adalah suatu penelitian yang dilakukan dalam rangka untuk memperbaiki pembelajaran di dalam kelas.  Penelitian ini biasanya dilakukan oleh pengajar yang in