Langsung ke konten utama

APLIKASI VIDEO CONFERENCE "WEBEX" DAN TUTORIAL PENGGUNAANNYA

Webex adalah sebuah aplikasi online yang memudahkan kita untuk dapat berinteraksi dengan orang lain dimanapun tanpa dibatasi oleh jarak tertentu. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk saling berkolaborasi lewat gambar, video, dan audio dari manapun secara mudah.  Aplikasi webex dikembangkan oleh PT Cisco Webex, perusahaan asal Amerika Serikat yang mengembangkan dan menjual aplikasi untuk konferensi web dan video. 

Sama seperti aplikasi video conference lainnya, melalui webex kita dapat melakukan meeting, seminar, pembelajaran daring atau event-event tertentu tanpa harus bersusah payah untuk hadir dan berkumpul di suatu tempat tertentu. Cukup dengan online di rumah, kita sudah dapat bertatap muka lewat dunia maya di semua acara tersebut. Hadirnya aplikasi video conference, imbas adanya perkembangan teknologi, memberikan kenyamanan dan kemudahan tersendiri bagi penggunanya. Menghadiri suatu acara tertentu, tidak lagi terasa berat karena kita tidak perlu lagi beranjak dari tempat nyaman kita.

Aplikasi webex dapat digunakan baik melalui komputer atau handphone. Cukup dengan menginstall aplikasi ini di perangkat kita masing-masing, kita sudah dapat bersiap untuk berselancar dengan tatap muka di dunia maya. Di Webex, kita dapat berperan sebagai partisipan ataupun host suatu acara. Jika kita mengambil peran sebagai partisipan, cukup melakukan join meeting dengan meeting number dan meeting password yang dibagikan oleh penyelenggara acara yang kita ikuti. Namun, jika kita bertindak sebagai seorang host acara di webex, ada beberapa hal yang harus kita lakukan. Jika kita belum mempunyai akun di webex, kita daftarkan dulu akun kita dengan cara klik tombol SIGN UP, mendaftarkan email sebagai akun, membuat dan konfirmasi password untuk bisa masuk ke aplikasi webex. Email dan password yang sudah didaftarkan, dapat digunakan untuk SIGN IN di aplikasi webex. Jika kita sudah berhasil masuk di WEBEX, kita tinggal membuat schedule meeting kita. Tentukan tanggal dan jam meeting yang akan dilaksanakan. Selanjutnya bagikan jadwal meeting tersebut ke email peserta atau grup chat online. Untuk lebih lengkapnya, dapat dilihat pada tayangan berikut.

Tutorial membuat akun dan menjadi host di Webex

Penggunaan aplikasi webex ini memang hampir sama   dengan aplikasi video conference lainnya. Namun, ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Webex sebagai aplikasi video conference. Kelebihan tersebut antara lain :

  1. Cisco webex lebih secure dan kredibel
  2. Kita dapat memanage daftar para partisipan, mana saja partisipan yang online menggunakan HP atau laptop, dapat kita ketahui pada fitur participants.
  3. Host mempunyai kontrol penuh untuk mematikan dan menghidupkan audio dan video partisipan
  4. Host dapat melakukan share screen , share application dan share white board (fitur papan tulis yang dapat digunakan untuk corat coret layaknya berada di kelas nyata)
  5. Selama kita bergabung ke dalam webex, kita masih dapat mengakses aplikasi lain di handphone kita. Jadi sambil kita mendengarkan presentasi lewat webex, bisa juga sembari membalas chat, mengetik memo atau yang lain. 
  6. Jumlah partisipan pada Webex berbayar antara 1000-3000 orang partisipan sedangkan pada Free Webex, jumlah partisipan hanya terbatas 100 orang peserta. Dengan kata lain, bagi  parapenyelenggara seminar atau acara lain yang menghadirkan banyak peserta, lebih disarankan untuk menggunakan Webex berbayar daripada webex gratis.
  7. Host mempunyai hak untuk meng- log room sehingga partisipan yang telat tidak akan bisa masuk
  8. Video dibagikan melalui Webex dapat di setting kualitas gambarnya dengan low quality sehingga akan lebih menghemat data
  9. Tidak ada limit waktu jika kita menggunakan apliasi Webex
  10. Sistem software webex akan auto off camera agar meeting tetap berlanjut da tidak terputus
  11. Kualitas tampilan video di Webex jauh lebih bagus dan berkualitas HD. Bahkan jika tampilan ngeblur maka webex akan secara otomatis menyesuaikan\ sehingga tampilan akan menjadi jelas kembali.
  12. Di Webex, orang yang bertindak sebagai host pertama dapat memindahkan tugas hostnya ke peserta lain.
  13. Jika terdapat partisipan yang ingin melakukan presentasi, host tinggal mengeset fitur anyone can share di bagian participant, sehingga partisipan dapat berbagi kontennya masing-masing di forum online


Meskipun Webex sudah mengklaim dirinya aman dari para hacker, namun terkadang ada saja seorang hacker yang membagikan lin Webex palsu di media sosial. Cara membedakan link dari Webex asli dengan lin k Webex dari hacker adalah dengan melihat domain nya. Jika pada link URL yang dibagikan tertulis Webex.com berarti link tersebut asli dari aplikasi Webex. Tips keamanan lainnya ketika kita menggunakan aplikasi video conference adalah gunakan akun email baru yang tidak terhubung dengan semua media sosial kita. Disamping itu, pada saat membuat akun baru, masukkan nomor telepon lain selain nomor yang kita gunakan sehari-hari. Hal ini menjaga agar data pribadi kita tidak dapat diretas oleh hacker. Dengan akun email baru dan nomor handphone baru akan jauh lebih aman bagi kita untuk dapat berselancar di dunia maya melalui video conference.

Pembelajaran jarak jauh yang kita lakukan sekarang juga dapat didukung dengan menggunakan Webex guna mengajar di dunia maya. Kita dapat bervideo vonference dengan siswa tercinta kita melalui aplikasi tersebut. Kita dapat menjelaskan materi pelajaran dan mengadakan diskusi interakttif dengan siswa layaknya pada pembelajaran normal. Terlepas dari adanya beberapa kelemahan pembelajaran dengan sistem online, yang pasti penggunaan aplikasi Webex memberikan dampak positif pada pembelajaran daring. 


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SECARIK PESAN OM JAY, MENULISLAH !!!

Menulis adalah seni merangkai kata menjadi sebuah kalimat, bagaimana membuat kalimat yang cantik sehingga dapat dilirik pembaca, dan bagaimana tulisan yang dihasilkan berhasil menggugah emosi pembaca. Tidak mudah memang.Menghasilkan suatu karya seni tulisan yang indah butuh banyak pengalaman dan jam terbang yang tinggi. Tetapi ini bukan hal yang tidak mungkin. Jika ada keinginan belajar, maka segalanya akan menjadi mungkin. Dari belajar menulis yang paling sederhana, cerita pribadi kita yang bisa kita tulis sebagai curahan hati, cerita apapun itu, entah itu penting atau tidak, tetap lah ditulis. Belajar dari banyak membaca karya orang lain. Ini penting untuk memperkaya diksi kita, mengenal gaya-gaya tulisan berbagai macam penulis, dan bisa juga sebagai latihan untuk memancing emosi kita. Selanjutnya belajar dari yang benar-benar pakar nya menulis. Ini harus ada penghubung yang bisa memfasilitasi kita untuk belajar dari para pakar menulis yang handal. Om Jay, founder komunitas sejuta

TIPS MEMBUKUKAN HASIL RESUME PELATIHAN

Jika dulu kita mendengar kata webinar atau kulwap, pasti sangat asing di telinga kita. Karena tidak dapat dibayangkan, apa bisa pelatihan/workshop/seminar yang dilakukan secara online baik dari YouTube atau WA? Namun, di tengah pandemi seperti sekarang, dimana kerumunan sangatlah dilarang dan masyarakat masih haus akan keilmuan, pelatihan secara online adalah solusi dari permasalahan ini. Saat ini penyelenggaraan webinar sedang digandrungi oleh banyak pihak. Baik yang pelaksanaannya dilakukan oleh instansi maupun pribadi. Semua berlomba-lomba untuk menawarkan acara webinar dengan seabrek manfaat yang didapat. Entah itu yang pelaksanaannya gratis, maupun yang berbayar. Prospek webinar di masa pandemi ini sedang begitu gemilang.  Banyaknya acara webinar yang diselenggarakan, juga memberikan suatu permasalahan. Apakah kita mengikuti webinar tersebut hanya untuk mengejar sertifikat yang ditawarkan atau benar-benar ingin memperoleh ilmu baru. Sebenarnya dua tujuan ini diperbolehkan selama k

KIAT MEMBUKUKAN LAPORAN PTK

Karya ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil dari penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan (Wikipedia). Terdapat berbagai macam karya ilmiah, diantaranya hasil seminar atau workshop, laporan penelitian, makalah, artikel atau jurnal penelitian dan lainnya. Skripsi, tesis, dan disertasi pun tergolong jenis karya ilmiah. Apapun tipe penelitian yang dilakukan, baik penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian dan pengembangan (R&D), penelitian kualitatif ataupun penelitian eksperimen, jika dibuat dalam bentuk laporan penelitian maka disebut karya ilmiah. Salah satu jenis laporan penelitian yang sering dibuat oleh pengajar  adalah laporan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK adalah suatu penelitian yang dilakukan dalam rangka untuk memperbaiki pembelajaran di dalam kelas.  Penelitian ini biasanya dilakukan oleh pengajar yang in