Langsung ke konten utama

PIONEER

Tahun ajaran baru akan segera dimulai. Segala kegiatan akhir tahun sudah dituntaskan dengan baik. Mulai dari pengumuman kelulusan kelas akhir, penilaian akhir tahun, pembuatan rapor kenaikan hingga rapat kenaikan kelas pun telah terlaksana. Hanya tinggal melaksanakan kegiatan PPDB dan menyambut kedatangan siswa siswi baru. Namun, serangkaian kegiatan sekolah tahun ini sangatlah berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan akhir tahun yang biasanya selalu dimeriahkan dengan kemeriahan perpisahan kelas akhir, urung dilakukan. Pengumuman kelulusan yang biasanya menjadi ajang selebrasi siswapun terlihat biasa-biasa saja. Masa pandemi memang membuat semuanya serba berbeda. Beda aturan, beda juga kebiasaan.

Kalau boleh dikatakan, semua angkatan di tahun 2020 ini bukanlah angkatan Corona. Lebih pasnya disebut angkatan Pioneer. Mengapa demikian? Karena di angkatan ini diwarnai kata pertama. Pertama kalinya mengenal dan melaksanakan pembelajaran daring. Pertama kali juga melaksanakan pengumuman kelulusan dan selebrasi perpisahan secara daring. Begitupun pula pertama kali melakukan PAT dan penerimaan rapor secara daring. Semakin lengkap kata pertama di angkatan ini dengan serangkaian kegiatan PPDB secara daring. Angkatan siswa di tahun ini adalah siswa yang serba mencoba dan melakukan hal yang baru dan belum pernah dilakukan sebelumnya. 

Angkatan Pioneer yang terkena imbas adanya pandemi dan mau tidak mau merasakan segala sesuatunya melalui daring. Namun, dari angkatan ini, guru dapat mengetahui sejauh mana serangkaian proses pembelajaran daring efektif dilakukan. Guru dapat mengevaluasi apa saja kelebihan dan kekurangan metode daring ini. Jika ada kelebihan akan dipertahankan untuk digunakan kembali di periode berikutnya, namun jika ada kekurangan, akan diperbaiki agar lebih baik di masa mendatang.

Memang daring masih menjadi favorit untuk pembelajaran. Namun, harus dibuat formula dengan baik bagaimana penyajian dan pelaksanaannya. Persiapan yang matang perlu dilakukan agar ketika tahun ajaran baru dimulai, siswa baru dan siswa angkatan lama dapat menikmati metode daring ini dengan sedikit kendala. Tidak hanya teknis pelaksanaan, sarana pendukung juga perlu dipersiapkan. Internet adalah suatu hal yang utama. Harus ada informasi dari sekolah bahwa selama PJJ, internet di rumah harus stabil. Jikalau pun orang tua tidak mampu mendukung keberadaan internet ini, dapat dikomunikasikan ke sekolah untuk dicarikan solusi terbaiknya. Akhirnya kolaborasi antara guru, siswa, orang tua dan sekolah tetap menjadi tonggak utama keberhasilan metode daring nantinya. 


Komentar

  1. Setuju srkali sama dg sekolah saya angakatan ini kami beri nama PIONER DARING

    BalasHapus
  2. Mengbalikan pada roh pembelajaran, siswa mencari tahu, pembelajaran bukan parsial. Mantap tulisannya. Jika berkenan kunjungi blog https://nurainiahwan.blogspot.com.
    Ada tulisan tentang daring juga.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SECARIK PESAN OM JAY, MENULISLAH !!!

Menulis adalah seni merangkai kata menjadi sebuah kalimat, bagaimana membuat kalimat yang cantik sehingga dapat dilirik pembaca, dan bagaimana tulisan yang dihasilkan berhasil menggugah emosi pembaca. Tidak mudah memang.Menghasilkan suatu karya seni tulisan yang indah butuh banyak pengalaman dan jam terbang yang tinggi. Tetapi ini bukan hal yang tidak mungkin. Jika ada keinginan belajar, maka segalanya akan menjadi mungkin. Dari belajar menulis yang paling sederhana, cerita pribadi kita yang bisa kita tulis sebagai curahan hati, cerita apapun itu, entah itu penting atau tidak, tetap lah ditulis. Belajar dari banyak membaca karya orang lain. Ini penting untuk memperkaya diksi kita, mengenal gaya-gaya tulisan berbagai macam penulis, dan bisa juga sebagai latihan untuk memancing emosi kita. Selanjutnya belajar dari yang benar-benar pakar nya menulis. Ini harus ada penghubung yang bisa memfasilitasi kita untuk belajar dari para pakar menulis yang handal. Om Jay, founder komunitas sejuta

KIAT MEMBUKUKAN LAPORAN PTK

Karya ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil dari penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan (Wikipedia). Terdapat berbagai macam karya ilmiah, diantaranya hasil seminar atau workshop, laporan penelitian, makalah, artikel atau jurnal penelitian dan lainnya. Skripsi, tesis, dan disertasi pun tergolong jenis karya ilmiah. Apapun tipe penelitian yang dilakukan, baik penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian dan pengembangan (R&D), penelitian kualitatif ataupun penelitian eksperimen, jika dibuat dalam bentuk laporan penelitian maka disebut karya ilmiah. Salah satu jenis laporan penelitian yang sering dibuat oleh pengajar  adalah laporan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK adalah suatu penelitian yang dilakukan dalam rangka untuk memperbaiki pembelajaran di dalam kelas.  Penelitian ini biasanya dilakukan oleh pengajar yang in

MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DARI RUMAH

Wabah Covid 19 yang belum tau kapan meredanya, membuat banyak pihak bertanya-tanya, kapan kondisi akan kembali normal seperti biasa? Tak terkecuali bagi dunia pendidikan. Selama pandemi Covid 19 menyerang, kegiatan di bidang pendidikan seakan lumpuh. Banyak kebijakan yang akhirnya membuat sektor ini mengambil langkah yang dilematis. Di satu sisi, melaksanakan anjuran dari pemerintah yang mengharuskan adanya social dan physical distancing guna menekan penyebaran virus Covid 19. Tapi di sisi lain, pembelajaran harus tetap terlaksana. Hak siswa untuk mendapatkan pengajaran harus tetap diterima. Akhirnya jalan tengahpun dilakukan. Pembelajaran jarak jauh dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan ini. Namun pertanyaannya, bagaimana membuat pembelajaran yang efektif selama PJJ? Keputusan pelaksanan PJJ yang serba mendadak, membuat para pelaku pendidikan sangat tidak siap. Tidak hanya guru dan siswa, orang tua, kepala sekolah hingga pengambil kebijakan pendidikan lainnyapun mau tidak mau haru