Langsung ke konten utama

Rahasia menulis apik di blog ala Pak Agus Sampurna


Semalam tanggal 31 Maret 2020 bersama bapak Agus Sampurna, peserta kuliah online belajar menulis gelombang 8 mendapatkan banyak sekali ilmu yang bermanfaat. Bertema "Bagaimana mencari ide dalam menulis", peserta sangat antusias melakukan tanya jawab dengan beliau. Bermula dari pemberian sebuah artikel dari bapak Agus, peserta diminta untuk mencari 3 kata kunci dari artikel yang disampaikan. Selanjutnya beliau menyampaikan bahwa dalam membuat tulisan dimanapun tidak lepas dari menarik minat pembaca. Utamanya dalam blog, dalam blog sangatlah mungkin jika kita terinspirasi dari orang lain. Hal ini akan membuat kita berpikir bahwa menulis itu sangatlah mudah.

Kunci suatu bacaan menarik minat pembaca dimulai dari judul. Judul yang persuasif akan membuat pembaca bertanya-tanya tentang bagaimana isi bacaan tersebut sehingga pembaca mulai tertarik untuk membaca tulisan Anda. Ada 5 kata persuasif yang dapat disematkan pada judul artikel anda yang dapat mengendalikan pikiran calon pembaca. Kata tersebut yaitu anda, bebas, baru, saat ini atau sekarang, dan rahasia.

Menurut pak Agus, dari 5 kata persuasif ini muncul beberapa koleksi judul yang dapat diinspirasikan, yaitu :
1. 5 cara agar ANDA menjadi guru yang handal dalam mengajar secara online
2. Solusi pembelajaran daring BEBAS stres
3. Lima aplikasi BARU untuk mengajar online
4. Aplikasi online yang Anda bisa mulai gunakan SEKARANG secara online
5. RAHASIA menjadi guru sukses mengajar secara online
Dari kelima judul diatas, peserta diminta untuk menentukan 1 judul yang mudah dan 1 judul yang sulit untuk dikembangkan menjadi sebuah bacaan.

Selanjutnya pak Agus menyampaikan bahwa terdapat dua tipe tulisan, yaitu tulisan yang bersifat mengulas wacana dan tulisan yang inspiratif. Tulisan yang sifatnya mengulas wacana biasanya digunakan oleh tipe penulis di media. Sementara untuk blog, semakin anda menginspirasi maka semakin anda akan dilirik oleh calon pembaca.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa bagian-bagian tulisan dalam artikel sebenarnya sama persis dengan tulisan pada umumnya. Terdapat bagian pembuka, isi, dan penutup. Akan tetapi, artikel dalam blog sebaiknya bersifat persuasif atau ajakan. Dengan demikian bagian pembuka blog sebaiknya berisi tulisan tentang sebuah fenomena yang sedang terjadi sekarang dan bagian penutup diisi dengan tulisan yang bersifat mengajak atau mempengaruhi pembaca. Demikian materi yang disampaikan oleh pak Agus. Sangat menarik dan persuasif.

Mulailah menjadi inspirasi banyak orang melalui tulisan. Semakin banyak anda menulis, semakin banyak ilmu anda yang tersebar.

Komentar

  1. Terima kasih sudah meramu resume sedemikian enak dibaca. Ditunggu artikel dari judul yang paling mudah diwujudkan dalam tulisan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matursuwun bapak,,terima kasih ilmu yang diberikan,,semoga bisa semakin lancar menulisnya

      Hapus
  2. Kereen... Resumenya membuat saya lebih memahami materi semalam.. terima kasih informasinya.. terima kasih juga untuk pak Agus Sampurno ilmunya...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SECARIK PESAN OM JAY, MENULISLAH !!!

Menulis adalah seni merangkai kata menjadi sebuah kalimat, bagaimana membuat kalimat yang cantik sehingga dapat dilirik pembaca, dan bagaimana tulisan yang dihasilkan berhasil menggugah emosi pembaca. Tidak mudah memang.Menghasilkan suatu karya seni tulisan yang indah butuh banyak pengalaman dan jam terbang yang tinggi. Tetapi ini bukan hal yang tidak mungkin. Jika ada keinginan belajar, maka segalanya akan menjadi mungkin. Dari belajar menulis yang paling sederhana, cerita pribadi kita yang bisa kita tulis sebagai curahan hati, cerita apapun itu, entah itu penting atau tidak, tetap lah ditulis. Belajar dari banyak membaca karya orang lain. Ini penting untuk memperkaya diksi kita, mengenal gaya-gaya tulisan berbagai macam penulis, dan bisa juga sebagai latihan untuk memancing emosi kita. Selanjutnya belajar dari yang benar-benar pakar nya menulis. Ini harus ada penghubung yang bisa memfasilitasi kita untuk belajar dari para pakar menulis yang handal. Om Jay, founder komunitas sejuta

TIPS MEMBUKUKAN HASIL RESUME PELATIHAN

Jika dulu kita mendengar kata webinar atau kulwap, pasti sangat asing di telinga kita. Karena tidak dapat dibayangkan, apa bisa pelatihan/workshop/seminar yang dilakukan secara online baik dari YouTube atau WA? Namun, di tengah pandemi seperti sekarang, dimana kerumunan sangatlah dilarang dan masyarakat masih haus akan keilmuan, pelatihan secara online adalah solusi dari permasalahan ini. Saat ini penyelenggaraan webinar sedang digandrungi oleh banyak pihak. Baik yang pelaksanaannya dilakukan oleh instansi maupun pribadi. Semua berlomba-lomba untuk menawarkan acara webinar dengan seabrek manfaat yang didapat. Entah itu yang pelaksanaannya gratis, maupun yang berbayar. Prospek webinar di masa pandemi ini sedang begitu gemilang.  Banyaknya acara webinar yang diselenggarakan, juga memberikan suatu permasalahan. Apakah kita mengikuti webinar tersebut hanya untuk mengejar sertifikat yang ditawarkan atau benar-benar ingin memperoleh ilmu baru. Sebenarnya dua tujuan ini diperbolehkan selama k

KIAT MEMBUKUKAN LAPORAN PTK

Karya ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil dari penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan (Wikipedia). Terdapat berbagai macam karya ilmiah, diantaranya hasil seminar atau workshop, laporan penelitian, makalah, artikel atau jurnal penelitian dan lainnya. Skripsi, tesis, dan disertasi pun tergolong jenis karya ilmiah. Apapun tipe penelitian yang dilakukan, baik penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian dan pengembangan (R&D), penelitian kualitatif ataupun penelitian eksperimen, jika dibuat dalam bentuk laporan penelitian maka disebut karya ilmiah. Salah satu jenis laporan penelitian yang sering dibuat oleh pengajar  adalah laporan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK adalah suatu penelitian yang dilakukan dalam rangka untuk memperbaiki pembelajaran di dalam kelas.  Penelitian ini biasanya dilakukan oleh pengajar yang in