Langsung ke konten utama

KIAT MENJALANKAN WORK FROM HOME IMBAS CORONA

Semakin merebaknya pandemi Covid 19 di berbagai wilayah, membuat kita mau tidak mau untuk mengurangi sejumlah aktivitas di luar rumah agar tidak terlalu banyak berinteraksi dengan banyak orang. Bahkan pemerintah telah mengeluarkan keputusan untuk melakukan berbagai kegiatan dari rumah seperti ibadah dan bekerja dari rumah atau yang lebih dikenal dengan istilah Work From Home (WFH).

Meskipun ada keuntungan dari masa WFH  ini seperti terhindarkan dari macet, bebas dalam penentuan jam kerja, dan lebih dekat dengan keluarga, tetapi bagi sebagian orang mungkin merasa kaget dan jenuh dengan masa ini. Terutama bagi yang terbiasa berinteraksi dengan banyak orang, dan sekarang hanya dibatasi untuk berinteraksi melalui media sosial. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

1. Eratkan kembali bonding dengan keluarga
Ketika anda sudah mulai jenuh dan lelah dengan tugas-tugas, berhentilah, dan lakukan kegiatan dengan pasangan dan anak anda. Karena di masa ini, anda mempunyai lebih banyak waktu untuk berinteraksi dengan mereka. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan bersama seperti berolahraga, berkebun, melakukan bersih-bersih rumah, memasak, bermain permainan kreatif dengan anak bahkan membantu anak belajar juga dapat dilakukan. Hal ini sangat positif mengingat ketika kita bekerja di luar, waktu pertemuan dengan pasangan dan anak sangatlah terbatas.

2. Ikuti pelatihan atau seminar online.
Keikutsertaan dalam pelatihan atau seminar online mungkin dapat menghilangkan kejenuhan kita karena selain kita dapat berinteraksi dengan orang baru juga akan mendapatkan ilmu baru.

3. Ikuti lomba online
Mengikuti lomba online akan menuntut kita untuk lebih berpikir kritis dan kreatif sehingga tingkat kebosanan akan jauh lebih berkurang.

4. Lakukan pertemuan melalui video conference
Tak dipungkiri, selama masa WFH, tingkat pertemuan kita dengan teman-teman sangatlah terbatas. Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk sekedar ngobrol asyik dengan teman-teman. Banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk sekedar ngobrol bareng melalui dunia maya, seperti zoom, blue jeans, webex, google meet, Microsoft team dan mungkin aplikasi lainnya. Disini kerinduan anda dengan teman dapat terobati karena anda dapat bertatap muka dan mengobrol secara bebas dengan banyak teman tanpa harus keluar dari rumah.

Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kepenatan setelah berlama-lama melakukan work from home. Yang terpenting adalah ketika anda sudah merasa lelah, rehatlah sejenak. Lakukan kegiatan apapun yang membuat anda merasa  relaks  sehingga anda akan merasa lebih bersemangat ketika melakukan WFH kembali.

Komentar

  1. Keren, saran agar ditambahkan closing statement yang akan memudahkan pembaca mengambil main idea dari tulisan saudara. Semangat terus

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SECARIK PESAN OM JAY, MENULISLAH !!!

Menulis adalah seni merangkai kata menjadi sebuah kalimat, bagaimana membuat kalimat yang cantik sehingga dapat dilirik pembaca, dan bagaimana tulisan yang dihasilkan berhasil menggugah emosi pembaca. Tidak mudah memang.Menghasilkan suatu karya seni tulisan yang indah butuh banyak pengalaman dan jam terbang yang tinggi. Tetapi ini bukan hal yang tidak mungkin. Jika ada keinginan belajar, maka segalanya akan menjadi mungkin. Dari belajar menulis yang paling sederhana, cerita pribadi kita yang bisa kita tulis sebagai curahan hati, cerita apapun itu, entah itu penting atau tidak, tetap lah ditulis. Belajar dari banyak membaca karya orang lain. Ini penting untuk memperkaya diksi kita, mengenal gaya-gaya tulisan berbagai macam penulis, dan bisa juga sebagai latihan untuk memancing emosi kita. Selanjutnya belajar dari yang benar-benar pakar nya menulis. Ini harus ada penghubung yang bisa memfasilitasi kita untuk belajar dari para pakar menulis yang handal. Om Jay, founder komunitas sejuta

TIPS MEMBUKUKAN HASIL RESUME PELATIHAN

Jika dulu kita mendengar kata webinar atau kulwap, pasti sangat asing di telinga kita. Karena tidak dapat dibayangkan, apa bisa pelatihan/workshop/seminar yang dilakukan secara online baik dari YouTube atau WA? Namun, di tengah pandemi seperti sekarang, dimana kerumunan sangatlah dilarang dan masyarakat masih haus akan keilmuan, pelatihan secara online adalah solusi dari permasalahan ini. Saat ini penyelenggaraan webinar sedang digandrungi oleh banyak pihak. Baik yang pelaksanaannya dilakukan oleh instansi maupun pribadi. Semua berlomba-lomba untuk menawarkan acara webinar dengan seabrek manfaat yang didapat. Entah itu yang pelaksanaannya gratis, maupun yang berbayar. Prospek webinar di masa pandemi ini sedang begitu gemilang.  Banyaknya acara webinar yang diselenggarakan, juga memberikan suatu permasalahan. Apakah kita mengikuti webinar tersebut hanya untuk mengejar sertifikat yang ditawarkan atau benar-benar ingin memperoleh ilmu baru. Sebenarnya dua tujuan ini diperbolehkan selama k

KIAT MEMBUKUKAN LAPORAN PTK

Karya ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil dari penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan (Wikipedia). Terdapat berbagai macam karya ilmiah, diantaranya hasil seminar atau workshop, laporan penelitian, makalah, artikel atau jurnal penelitian dan lainnya. Skripsi, tesis, dan disertasi pun tergolong jenis karya ilmiah. Apapun tipe penelitian yang dilakukan, baik penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian dan pengembangan (R&D), penelitian kualitatif ataupun penelitian eksperimen, jika dibuat dalam bentuk laporan penelitian maka disebut karya ilmiah. Salah satu jenis laporan penelitian yang sering dibuat oleh pengajar  adalah laporan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK adalah suatu penelitian yang dilakukan dalam rangka untuk memperbaiki pembelajaran di dalam kelas.  Penelitian ini biasanya dilakukan oleh pengajar yang in