Langsung ke konten utama

Sinopsis BUKU JURUS JITU MENULIS & BERPRESTASI

"Menulis adalah seni merangkai kata menjadi sebuah kalimat, bagaimana membuat kalimat yang cantik sehingga dapat dilirik pembaca, dan bagaimana tulisan yang dihasilkan berhasil menggugah emosi pembaca"


Tidak mudah memang. Menghasilkan suatu karya seni tulisan yang indah butuh banyak pengalaman dan jam terbang yang tinggi. Tetapi ini bukan hal yang tidak mungkin. Jika ada keinginan belajar, maka segalanya akan menjadi mungkin. Menulis juga merupakan sarana mengungkapkan gagasan, pikiran, dan perasaan. Menulis di buku diary, itu adalah hasil mengungkapkan perasaan, begitupun juga menulis di media sosial merupakan curahan isi hati dan pikiran yang dibahasakan. Ini berarti semua orang pastilah bisa menulis.

Seseorang dapat dengan lancar berbicara tanpa harus berpikir terlebih dahulu, sementara ketika menulis, sangat susah  pengungkapannya.  Padahal esensi keduanya sama, yaitu mengungkapkan gagasan, pikiran, dan perasaan. Alasannya adalah karena pembiasaan. Selain itu, alasan seseorang enggan menulis adalah malas, kurang percaya diri dan tidak memiliki ide. 

Buku ini merupakan kumpulan catatan penulis selama mengikuti pelatihan belajar menulis online yang dipandu oleh Wijayah Kusuma, seroang blogger ternama Indonesia. Buku ini akan menjelaskan secara detail tentang konsep menulis, hambatan yang ditemui pada saat menulis serta cara mengatasinya, cara menumbuhkan motivasi  untuk  menulis, rahasia lancar menulis, kiat menulis di berbagai media massa, kiat membuat buku  dan media apa saja yang dapat digunakan untuk menyalurkan ide-ide segar kita. Kelebihan dari buku ini adalah semua materi yang disampaikan merupakan hasil resume pelatihan menulis yang dibimbing langsung oleh para penulis ternama Indonesia. Seperti Akbar Zainuddin pengarang buku best seller Man Jadda Wa Jadda, Munif Chatib pengarang buku best seller Gurunya Manusia, Prof Richard Eko Indrajit, Prof Deni Darmawan, Dr Imron Rosyidi, Dadang Kadarusman, Budiman Hakim, Farrah Dina pendiri Tangga Edu, Onno W Purbo, pengurus PB PGRI, dan para dosen dan blogger ternama Indonesia. Selain itu, buku ini juga menjabarkan kiat sukses meraih prestasi dari menulis  yang diberikan langsung oleh para peraih penghargaan penulisan tingkat nasional dan internasional yaitu Encon Rahman, Tri Agus Cahyono, Sigit Suryono dan Arif  Darmadiansah. Kelebihan lainnya yaitu terdapat paparan yang lengkap dari penerbit mayor Andi Offset tentang proses penerbitan buku, tips agar buku terbit di penerbit mayor serta teknik memasarkan buku yang efektif dan efisien. 

Buku ini cocok digunakan oleh  semua kalangan masyarakat yang ingin mulai menulis dan mengembangkan  tulisannya. Buku ini akan menjadi panduan menulis untuk menghasilkan karya tulisan yang apik dan dapat dinikmati oleh semua orang.   Pembaca akan terbantu karena didalamnya dijelaskan secara detail tentang cara menulis yang baik hingga berhasil meraih prestasi dan menerbitkan buku hasil tulisan di penerbit mayor. 


Buku yang recommended untuk semua penulis. Segera koleksi dengan cara hubungi 087786578494.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SECARIK PESAN OM JAY, MENULISLAH !!!

Menulis adalah seni merangkai kata menjadi sebuah kalimat, bagaimana membuat kalimat yang cantik sehingga dapat dilirik pembaca, dan bagaimana tulisan yang dihasilkan berhasil menggugah emosi pembaca. Tidak mudah memang.Menghasilkan suatu karya seni tulisan yang indah butuh banyak pengalaman dan jam terbang yang tinggi. Tetapi ini bukan hal yang tidak mungkin. Jika ada keinginan belajar, maka segalanya akan menjadi mungkin. Dari belajar menulis yang paling sederhana, cerita pribadi kita yang bisa kita tulis sebagai curahan hati, cerita apapun itu, entah itu penting atau tidak, tetap lah ditulis. Belajar dari banyak membaca karya orang lain. Ini penting untuk memperkaya diksi kita, mengenal gaya-gaya tulisan berbagai macam penulis, dan bisa juga sebagai latihan untuk memancing emosi kita. Selanjutnya belajar dari yang benar-benar pakar nya menulis. Ini harus ada penghubung yang bisa memfasilitasi kita untuk belajar dari para pakar menulis yang handal. Om Jay, founder komunitas sejuta

KIAT MEMBUKUKAN LAPORAN PTK

Karya ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil dari penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan (Wikipedia). Terdapat berbagai macam karya ilmiah, diantaranya hasil seminar atau workshop, laporan penelitian, makalah, artikel atau jurnal penelitian dan lainnya. Skripsi, tesis, dan disertasi pun tergolong jenis karya ilmiah. Apapun tipe penelitian yang dilakukan, baik penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian dan pengembangan (R&D), penelitian kualitatif ataupun penelitian eksperimen, jika dibuat dalam bentuk laporan penelitian maka disebut karya ilmiah. Salah satu jenis laporan penelitian yang sering dibuat oleh pengajar  adalah laporan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK adalah suatu penelitian yang dilakukan dalam rangka untuk memperbaiki pembelajaran di dalam kelas.  Penelitian ini biasanya dilakukan oleh pengajar yang in

T O J T R P : Sukses Menulis Buku bersama Akbar Zainudin

Minggu, 5 April 2020, kami dari kelompok belajar menulis gelombang 8 memulai lagi menimba ilmu secara online dengan narasumber handal. Kali ini bersama bapak Akbar Zainudin seorang Penulis buku best seller Man Jadda Wajada. Sekilas perkenalan dari beliau, beliau  mulai karir menulisnya sejak duduk  di bangku SMA di Gontor dan dilanjutkan pada saat beliau menjadi mahasiswa. Buku pertama beliau, Man Jadda Wajada ditulis tahun 2008, yang diterbitkan oleh penerbit Gramedia. Hingga sekarang, sudah ada 13 buku yang beliau tulis dan hampir semuanya bertema motivasi. Menurut pak Akbar, terdapat dua tipe naskah yaitu naskah fiksi (novel, cerpen, fabel, dan sebagainya) dan non fiksi (buku motivasi, buku pendidikan, sains, dan sebagainya). Perbedaan dari kedua tipe naskah ini terletak pada bagian-bagiannya yaitu : Naskah Non Fiksi berisi, 1. Opening/Pendahuluan. Berisi latar belakang, tujuan dan juga maksud penulisan. 2. Isi Naskah. Biasanya berisi teori-toeri, peristiwa aktual, anal